Previous
Next

Minuman

Coba Alternatif Kopi Sehat Ini Selama Seminggu Inilah Fakta-Faktanya

 

Bagi banyak dari kita, kopi adalah satu-satunya cara untuk memulai hari. Tetapi jika Anda merasa perut Anda mual atau gelisah, mungkin sudah saatnya untuk membuang secangkir kopi biasa dan beralih ke kakao yang diseduh, alternatif kopi yang populer.

Saya memutuskan untuk melewatkan kafein selama seminggu dan mencari tahu apakah hype itu nyata. Saya memiliki banyak kecemasan, dan bahkan satu cangkir kopi pagi membuatnya lebih buruk.

Tetapi saya masih membutuhkan sesuatu untuk membangunkan saya dan membantu saya fokus, jadi saya memutuskan untuk mencoba kakao yang diseduh.

 

Apa itu kakao yang diseduh?

Meskipun merupakan tren yang cukup baru, kakao seduh telah ada sejak sebelum 1500 SM, ketika diberikan kepada tentara Olmec, Maya, dan Aztec untuk meningkatkan stamina bertarung mereka. Kakao yang diseduh pada dasarnya adalah biji kakao bubuk yang diseduh. Kakao tidak diproses, kakao mentah. Biasanya, saat membuat teko kopi, Anda menggunakan biji kopi bubuk. Kakao yang diseduh dapat dibuat dalam bentuk minuman dingin, atau jika Anda suka panas, dengan alat press Prancis.

 

Apakah kakao yang diseduh sehat?

Kakao yang diseduh lebih sehat daripada kopi biasa dan bahkan kopi tanpa kafein, yang terakhir dapat mengandung bahan kimia berbahaya. Karena theobromine, alkaloid yang ditemukan dalam kakao, melebarkan pembuluh darah alih-alih mengecilkannya seperti yang dilakukan kafein, minum kakao yang diseduh meningkatkan aliran darah. Ini adalah bagaimana memberikan energi tubuh Anda. Theobromine adalah stimulan alami yang telah terbukti meningkatkan mood dan meningkatkan fokus. Ini juga memiliki asam yang jauh lebih sedikit daripada kopi, yang sangat bagus untuk mereka yang sensitif terhadap kafein atau masalah pencernaan.

Seperti apa rasa kakao yang diseduh?

Saya mencoba merek kakao yang diseduh bernama Choffy, yang dikirimkan kepada saya oleh pendiri perusahaan, Jason Vanderhoven. Karena saya suka kopi saya dengan krim dan gula, dia menyarankan saya untuk memulai dengan rasa Volta, yang paling manis dan paling ringan dari rasa mereka. Saya menggunakan mesin press Prancis saya dan memberikannya waktu untuk meresap setelah diaduk, lalu saring dan tuangkan secangkir untuk diri saya sendiri, di mana saya menambahkan sedikit dua persen susu dan satu sendok teh gula. Rasanya menyenangkan yang mengingatkan saya pada moka ringan yang saya dapatkan di kedai kopi mana pun.

 

Apakah kakao lebih baik untuk Anda daripada kopi?

Itu benar-benar tergantung pada apa yang Anda cari, tetapi umumnya, kakao yang diseduh lebih sehat untuk Anda daripada kopi. Ini karena bahan utamanya, theobromine, dan kekurangan kafein.

Berbagai varietas kakao yang diseduh dibuat dengan senyawa tertentu yang memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan. Ini termasuk polifenol, yang merupakan antioksidan yang menurunkan peradangan dalam tubuh, dan hormon pengatur lemak myostatin, yang membantu meningkatkan penurunan berat badan. Ini juga mengandung tryptophan, asam amino esensial yang membantu tubuh memproduksi serotonin, neurotransmitter yang mengontrol tingkat optimisme dan kepuasan di otak.

Selain manfaat kesehatan fisik dari kakao yang diseduh, ada juga manfaat kesehatan mental. Hal terbesar yang saya perhatikan sekitar satu jam setelah saya meminum cangkir pertama saya adalah bahwa alih-alih merasa cemas, saya merasa tenang dan bahagia. Ini mungkin karena triptofan, prekursor produksi serotonin.

Orang sering beranggapan bahwa triptofan membuat orang lelah, padahal tidak selalu demikian. Saat mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan, otak kita mengubahnya menjadi serotonin. Inilah mengapa konon membuat kita mengantuk. Namun, jika dikombinasikan dengan asam amino lain yang dimiliki sebagian besar makanan dengan triptofan, efek tidurnya berkurang.

Kondisi mental yang tenang ini cukup menjadi alasan bagi saya untuk beralih dari kopi ke alternatif brewed cacao. Saya akan melihat berapa lama saya bisa bertahan, tetapi saya ingin berhenti minum kopi untuk selamanya. Itu merusak sistem pencernaan saya.

 

Bagaimana kakao diseduh?

Biji kakao versi bubuk apa pun dapat diseduh di pembuat kopi pers Prancis. Cukup tambahkan dua sendok makan kakao bubuk ke dalam mesin press Prancis Anda, tambahkan enam ons air mendidih, aduk, dan biarkan selama tiga menit. Aduk lagi, curam selama tiga menit lagi, dan siap untuk dinikmati. Anda dapat menambahkan susu, susu non-susu, pemanis pilihan Anda, atau meminumnya apa adanya! Saya suka minum Volta dengan susu, dan hanya satu sendok teh gula yang saya inginkan dengan rasa itu. Ketika saya mencoba French Roast keesokan harinya, saya merasa perlu sedikit lebih banyak gula dan susu untuk selera saya.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.