Previous
Next
  • Home
  • »
  • Agama
  • » Perkawinan Beda Agama di Indonesia

Agama

Perkawinan Beda Agama di Indonesia

 

 
 
 
 
Bagi seseorang yang memiliki pasangan yang tidak seagama, pasti sangat gamang dalam menjalani hubungan mereka karena pernikahan beda agama di Indonesia walaupun cukup populer namun pada kenyataannya sangat sulit dan rumit untuk dipraktekkan. Perkawinan beda agama di Indonesia paling sering dilakukan oleh para artis / pesohor negeri. Selama ini mereka memilih untuk menikah di luar negeri karena merasa kesulitan untuk melangsungkan perkawinan beda agama di Indonesia.
 
Menurut Prof. Wahyono Darmabrata, seorang Guru Besar Hukum Perdata Universitas Indonesia, perkawinan beda agam di Indonesia bisa dilakukan dengan 4 cara. 4 cara tersebut terdiri dari: mengajukan permohonan / meminta penetapan pengadilan, melangsungka pernikahan menurut masing - masing agama, penundukan pada salah satu hukum agama untuk sementara waktu, dan menikah di luar negeri.
 
Berikut ini adalah penjelasan masing - amsing cara perkawinan beda agama di Indonesia:
 
# MEMINTA PENETAPAN PENGADILAN
 
Sejarah di Indoensia mencatat bahwa permohonan penetapan pengadilan terjadi terakhir kali pada tahun 1989 yang dilakukan oleh Andi Vonny Gani. Pada saat ini, Rancangan Undang - Undang Administrasi dan Kependudukan / RUU Adminduk masih dibahas oleh DPR. Bisa dipastikan bila akan terjadi penambahan jumlah pemohon penetapan pengadilan
 
 
# PERNIKAHAN DILAKUKAN MENURUT AGAMA MASING - MASING
 
Sebagai contoh: pagi hari dilakukan pernikahan menurut agama pihak perempuan dan siang hari dilakukan pernikahan menurut agama pihak laki - laki. Ini merupakan interpretasi dari UU No. 1 Tahun 1974 pasal 2 ayat 2. Namun pada pelaksanaannya, masih dipertanyakan tentang perkawinan mana yang sah? Hal tersebut yang harus dikaji ulang.
 
 
# PENUNDUKAN PADA SALAH SATU HUKUM AGAMA UNTUK SEMENTARA WAKTU
 
Ini berarti bahwa salah seorang mempelai harus tunduk pada agama pasangannya sehingga bisa melangsungkan pernikahan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa lembaga, seperti: Paramadina, Wahid Institute, dan ICRP (Indonesia Conference on Religion and Peace) yang bisa menikahkan para pasangan beda agama di Indonesia
 
 
# MENIKAH DI LUAR NEGERI
 
Ini merupakan langkah yang paling banyak ditempuh oleh pasangan beda agama. Yang harus diperhatikan adalah kita harus segera mendaftarkan pernikahn yang dilangsungkan di luar negeri saat kembali ke Indonesia sehingga pernikahan yang dilakukan di luar negeri tersebut bisa sah dimata hukum negara Indonesia
 

Video

Video ceramah tentang pernikahan beda agama

Dalam video ini akan diperlihatkan acara ceramah dengan tema pernikahan beda agama

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Definisi pernikahan. Beda agama. Pernikahan beda agama. Perbedaan agama. Beda. Nikah beda agama. Wahid institute nikah beda agama.

Hubungan beda agama. Pasangan beda agama. Beda keyakinan. Contoh artis yang menikah beda agama. Gambar beda agama. Nikah beda agama di wahid institute. Contoh buku nikah beda agama.

Gambar tentang beda agama. Foto beda agama. Lembaga indonesia nikah beda. Cara mendaftar beda agama. Wahid institute pernikahan beda agama. Materi ceramah tentang pernikahan beda agama.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.