Previous
Next

Cara Dasar Memasak

Tips Mengolah Brokoli Agar Gizinya Tetap Terjaga

 

Brokoli. Sayuran yang satu ini mengandung gizi yang kaya nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran yang tergolong dalam bunga kubis – kubisan ini mampu mencegah timbulnya kanker ganas seperti kanker prostat, kanker paru, kanker perut, kanker kolon dan osteoporosis. Karena dalam sayuran ini banyak mengandung kalsium yang baik untuk tulang, potassium, besi, selenium dan kalium. Vitamin C, asam folat dan provitamin A baik untuk mencegah penyakit kanker di atas.

Nah, dengan nutrisi sebanyak itu, maka pengolahan brokolo juga harus dilakukan dengan benar. Karena brokoli mempunyai masa simpan yang tidak lama atat cepat busuk. Jika dimasak terlalu matang pun kandungan gizinya cepat hilang. Berikut ini tips memilih dan menyimpan brokoli agar kita mendapatkan manfaat dari nutrisi brokoli tersebut:

Tips Memilih BROKOLI:

  1. Jangan memilih brokoli yang basah, karena air yang tersimpan di selar kuntum bunga mudah membuat brokoli busuk dalam waktu singkat. Sebelum disimpan sebaiknya keringkan brokoli dengan mengibaskannya agar air di dalam keluar.
  2. Pilih brokoli yang memiliki kuntum padat, warnanya hijau gelap dan tidak berantakan.
  3. Hindari brokoli yang berwarna kekuningan atau terdapat bercak hitam. Warna ini biasanya tanda brokoli sudah tua, akan busuk, tidak segar (layu). Brokoli yang segar batangnya masih keras jika ditekan.
  4. Tanda brokoli busuk biasanya terdapat pada bekas potongan pada ujung batang. Jika ditekan batang mengeluarkan air dan lunak maka brokoli tersebut sudah hampir busuk.
  5. Cium bau brokoli. Brokoli yang masih segar berbau gurih dan sedikit tajam kaliumnya. Jika sudah berbau  tidak enak (masam) tandanya brokoli itu busuk.

Tips Menyimpan BROKOLI:

  1. Masa simpan brokoli di dalam lemari es adalah empat  hari jika brokoli benar-benar segar saat membeli.
  2. Sebelum menyimpan sebaiknya brokoli dibersihkan. Menghindari adanya ulat yang menyebabkan brokoli cepat busuk. Untuk membersihkannya rendam sebentar ke dalam air hangat dengan posisi kuncup di bawah. Angkat brokoli dan kibaskan.
  3. Batang yang terlalu panjang sebaiknya dipotong. Batang ini jika tidak dipotong akan membuat brokoli bertunas dan menyebabkan kuntum hijaunya cepat menguning.
  4. Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, masukkan brokoli tersebut ke dalam plastik hitam agar terhindari dari cahaya. Hal ini untuk menjaga kelembabab dan memperlambat metabolisme brokoli juga menjaga warna hijau agar selalu segar.

 

 

Video

Resep Beef Brokoli

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara memasak brokoli yang benar. Cara mengolah brokoli yang benar. Cara merebus brokoli yang benar. Cara merebus brokoli. Cara mengolah brokoli. Cara memasak brokoli agar tetap hijau. Cara memasak brokoli.

Cara membersihkan brokoli. Cara masak brokoli yg benar. Memasak brokoli yang benar. Cara memasak brokoli yang sehat. Cara mencuci brokoli. Cara mengolah brokoli yang baik. Cara memasak brokoli agar tetap sehat.

Cara mencuci brokoli dengan benar. Cara masak brokoli benar. Cara merebus brokoli yang baik. Cara memasak brokoli dengan benar. Cara masak brokoli yang benar. Cara mengolah brokoli hijau.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.