Previous
Next
  • Home
  • »
  • Anak
  • » Penting, Mengajarkan Anak Berpenampilan dengan Tepat

Anak

Penting, Mengajarkan Anak Berpenampilan dengan Tepat

 

Mengajarkan anak terhadap berbusana memerlukan pendampingan serta pengertian orangtua. Berbusana harus dilakukan dengan tepat sesuai keperluan pemakaiannya, seperti busana bermain, busana pesta, busana sekedar jalan-jalan. 

Untuk memberikan pengertian ini, orangtua perlu mengajak anak berdiskusi tentang busana yang akan dikenakan. Apabila anak kurang pantas berbusana, atau tidak sesuai keinginan orang tua, maka ajukan pertanyaan-pertanyaan agar anak mau mengubah penampilannya.

Sebaliknya, jika anak merasa tidak percaya diri dengan penampilannya, orangtualah yang memberikan dukungan bahwa pakaian yang dikenakan cukup keren.

Anak dalam berbusana membutuhkan keyakinan diri, sedangkan sebagai orangtua tak jarang mengutarakan apresiasi negatif seperti kritik ataupun amarah sehingga menyebabkan anak mempunyai citra buruk atau malah melawan.

Dukungan orangtua sangat diperlukan, dan perlu dilakukan dengan tepat pula.  Kenali juga cara berkomunikasi dengan anak untuk membangun kepercayaan diri anak dalam berbusana. Ucapan positif dan dengan nada mendukung akan membuat anak lebih terbuka dengan dirinya.

Pertanyaan-pertanyaan yang tepat perlu dilontarkan agar anak mau berpikir dua kali tentang penampilannya seperti dikutip dari Kompas.com

1. Apa nggak ada pakaian pantas di lemari kamu untuk ke pesta?

2. Jika kamu datang ke pesta, pakaian apa yang pantas dikenakan menurut kamu?

3. Apakah baju kamu nyaman dipakai atau tidak? (jika anak sudah kekeuh dengan pilihan pakaiannya, meski kurang sopan, terbuka dan sebagainya)

4. Bagaimana pemikiran orang jika kamu memakai pakaian terbuka dan rok pendek itu? Apakah kamu akan diliatin terus? Bagaimana jika yang melihat penampilan kamu orang jahat?

Ciptakan nada komunikasi yang membuat anak tidak tertekan, merasa direndahkan, dikritik atau dimarahi. Intonasi yang menarik dan ingin tahu akan membuat anak merasa positif terhadap dirinya serta menghargai dirinya sendiri melalui penampilan yang sopan dan tepat.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Anak kecil berpenampilan keren. Anak kecil perempuan berpenampilan modis. Anak kecil berpenampilan modis. Anak kecil perempuan berpenampilan keren. Anak kecil keren. Foto anak kecil keren. Anak kecil perempuan bergaya keren.

Cara berpenampilan cool. Bocah lucu umur 3 tahun. Rambut anak kecil keren. Gaya berfoto anak pria. Foto anak kecil laki laki bergaya dan berbusana keren. Berpenampilan keren. Anak kecil laki laki modis.

Anak kecil laki laki lucu keren. Foto anak anak keren. Foto keren anak kecil. Rambut anak kecil laki laki. Foto anak kecil pake baju keren. Anak anak yang bergaya modis.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.