Previous
Next

Cara Dasar Memasak

Cara Menggoreng Kentang Agar Renyah dan Gurih

 

Membuat kentang goreng mungkin dianggap mudah oleh sebagian orang. Kita hanya tinggal mengupas kentang, memotong-motong kentang, diberi bumbi dan digoreng. Namun ternyata cara yang tidak tepat justru akan membuat kentang goreng akan lembek begitu sudah mendingin.

Untuk menggoreng kentang yang lebih renyah dan gurih, ada beberapa trik khusus yang perlu Anda praktikkan. Prosedur khusus ini berguna untuk menghasilkan kentang goreng yang lebih sempurna. Yuk, simak panduannya berikut ini:

Memotong Kentang

Dalam memotong kentang perlu diperhatikan ukurannya. Semua potongan kentang harus seragam misalnya panjang 8 cm dengan ketebalan 0,5 cm. sebelum dipotong sebaiknya kentang dikupas terlebih dahulu dan cuci bersih sampai tidak tersisa bekas tanah yang mengering. Tanpa dikupas juga tidak masalah, namun pencuciannya harus digosok sampai benar-benar bersih.

Merebus Kentang

Kentang yang sudah dipotong-potong kemudian masukkan ke dalam panci berisi air dingin. Panaskan panci tersebut sampai air mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tunggu lima menit sebelum kentang diangkat dan ditiriskan. Pastikan kentang sudah tidak mengandung air rebusan.

Menggoreng Kentang

Untuk menggoreng kentang Anda membutuhkan minyak yang banyak, fungsinya agar kentang bisa masuk semua ke dalam minyak. Masukkan secukupnya ke dalam minyak panas. Menentukan derajat suhu minyak akan lebih menghasilkan kentang goreng yang sempurna. Pastikan suhu mencapai 128 derajat, dengan mengeceknya menggunakan candy thermometer. kentang yang sudah matang namun belum berubah warna segera angkat dari minyak dan tiriskan.

Penggorengan kedua

Kentang yang sudah ditiriskan dari penggorengan pertama tadi kemudian disiapkan untuk penggorengan kedua. Panaskan minyak dengan suhu 176 derajat celcius. Masukkan kentang dan goreng hingga berwarna cokelat keemasan.

Kentang goreng sudah siap dinikmati, jika Anda ingin menambahkan bumbu tabur pada kentang goreng sebaiknya tunggu agar mendingin agar bumbu dapat merata kesemua permukaan kentang goreng. Kentang goreng juga nikmati disantap dengan saus sambal atau mayones.

Video

Cara Menggoreng Kentang Krispi

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Caramenggorengkentang. Cara memotong kentang goreng. Cara memotong kentang.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.