Previous
Next

Kesehatan

Memperbaiki Mood Saat PMS

 

Saat menjelang jadwal menstuasi datang beberapa wanita akan dihinggapi gejala PMS ata Premenstrual Syndrome yang kadang membuat kesal sebagian besar wanita. Biasa akan ditandai dengan merasa pusing, lemas, sedikit nyeri di bagian pinggang bawah dan malas beraktifitas, atau ciri yang lain biasanya anda akan merasa tubuh menjadi lemas dan cepat lelah, berat badan bertambah, berjerawat dan pinggang terasa sangat pegal.

Sebenarnya PMS terjadi alami karena disebabkan oleh meningkatnya hormone progesterone, namun gejala PMS juga dapat dikurangi atau bahkan dicegah. Menurut Elizabeth Bertone-Johnshon, ScD seorang prefosor epidemiology dari University of Massachusetts, ada beberapa tips yang dapat membantu mood anda saat sedang PMS. Apa saja tipsnya?

  1. Konsumsi makanan berkalsium tinggi

Berdasarkan sejumlah penelitian, wanita yang mempunyai kalsium dan vitamin D yang cukup akan beresiko lebih kecil untuk mengalami PMS menjelang menstruasi. Hal ini disebabkan karena dalam hari-hari biasa dibutuhkan sedikitnya 1.200 miligram kalsium dan 700 IU vitamin D setiap harinya. Sedangkan pada saat menjelang menstruasi wanita akan memerlukan lebih banyak lagi dari hari-hari biasanya.

Nah, untuk itu saat menjelang PMS sebaiknya anda mengkonsumsi minimal tiga porsi makanan yang kaya akan kalsium dalam sehari. Anda bisa mendapatkan cukup kalsium dari susu rendah lemak, keju, yoghurt, jus jeruk dan susu kedelai. Sementara untuk berkecukupan vitamin D, anda dapat mengkonsumsi salmon, multivitamin dan suplemen yang mengandung vitamin D

Menurut Bertone-Johnson, kalsium berkhasita untuk meredakan gejala depresi dan rasa gelisah sedangkan vitamin D berperan untuk mengontrol perubahan mood dan emosi.

  1. Jangan lewatkan makan malam

Beberapa wanita akan meningkat nafsu makananya saat menjelang PMS, namun sebagian yang lain justru akan kehilangan nafsu makan. Nah, untuk menghadapi nafsu makan yang hilang, ada baiknya anda tetap memaksakan mengkonsumsi nutrisi yang cukup. Dan saat masa dan menjelang menstruasi, tubuh membutuhkan banyak nutrisi jadi usahakan tetap teratur makan dan mengkonsumsi camilan. Karena jika anda membiarkan perut kosong akan membuat kadar gula darah menjadi turun sehingga tubuh akan merasa lemas.

  1. Konsumsi gandum, protein, buah dan sayuran

Saat menjelang PMS sebaiknya anda mulai rajin mengkonsumsi makanan sehat, misalnya berbagai macam buah dan sayuran, juga makanlah makanan yang mengandung gandum seperti nasi merah, outmeal dan roti gandum. Makanan tadi kaya ajan thiamine atau vitamin B-1 dan riboflavin atau vitamin B-2 yang dapat mengurangi gangguan saat PMS.

  1. Hindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi

Saat menjelang haid, biasanya tubuh akan sedikit membengkak, terutama di bagian paha, payudara dan perut. Dengan kondisi seperti ini anda akan merasa tidak nyaman dengan tubuh anda sendiri. Nah, bila anda ingin mencegah rasa tidak nyaman yang muncul karena pembengkakan di beberapa bagian itu, sebaiknya anda menghindari konsumsi garam yang berlebih. Hindari makan makanan kemasan atau olahan dan pilih makan segar, tambahkan dengan memperbanyak minum air putih.

  1. Jangan makan gula berlebih

Tahukah anda kalau gula dapat memicu perubahan level pada hormone esterogen dan prosterogen dan mempengaruhi tingkat serotonin pada otak. Dan perubahan ini akan membuat mood anda cepat marah dan meningkatkan gejala PMS. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengurangi asupan gula yang berlebihan saat menjelang haid. Bila anda berkeinginan makan yang manis gantilah dengan sereal dan biscuit gandum rendah gula.

  1. Minum tambahan suplemen

Satu minggu menjelang haid anda dapat mengkonsumsi beberapa suplemen harian yang berupa 100 mg vitamin B-6, 600 mg kalsium karbonat dan 400 mg magnesium. Vitamin dan mineral tambahan ini akan membantu tubuh anda dalam mengontrol perubahan mood dan mecegah emosi yang meledak-ledak.

  1. Olahraga

Saat PMS, wanita cenderung lebih mudah kesal dan mengalami stress. Ada baiknya bila anda mencoba menghilangkan stress dengan berolahraga. Karena keaktifan secara fisik dapat membantu anda melepaskan stress sehingga membuat suasana hati menjadi lebih baik dan tidak mudah marah-marah. Anda tidak perlu berolahraga keras, cukup dengan melakukan aerobic, lari-lari kecil atau yoga.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Animasi sakit perut pms. Pre menstruasi syndrom animasi. Nyeri haid animasi. Gambar sakit perut pms. Gambar animasi kesal. Menstruasi sakit animasi. Animasi pms.

Sakit perut haid animasi. Pre menstruasi sindrom animasi. Gambar animasi sakit perut haid. Animasi kesal. Lemas animasi. Cara mengontrol emosi saat datang bulan. Cara mengatasi sensitif saat haid.

Mengendalikan emosi saat pms. Cara mengendalikan emosi saat haid. Http://carapedia.com/memperbaiki_mood_saat_pms_info2987.html. Animasi datang bulan. Cara mengatasi bad mood saat pms. Sakit pms.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.