Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » Makan Seafood Baik untuk Kesehatan Inilah Alasannya

Kesehatan

Makan Seafood Baik untuk Kesehatan Inilah Alasannya

 

Dari semua tujuan kesehatan yang Anda pertimbangkan untuk dilakukan di tahun baru ini, berikut adalah satu yang mudah dan efektif (dan kemungkinan besar belum terpikir oleh Anda): Makan lebih banyak makanan laut.

Mengapa kamu bertanya? "Makanan laut memiliki begitu banyak manfaat yang didukung sains untuk kesehatan mental, kekebalan, sistem kardiovaskular, dan perkembangan otak Anda," kata pakar nutrisi Keri Gans, MS, RD, CDN. "Makan lebih banyak ikan dan kerang adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi risiko depresi, demensia, penyakit jantung, dan banyak lagi. (Omong-omong, USDA dan HHS baru saja merilis Pedoman Diet 2020-2025 untuk orang Amerika, merekomendasikan orang Amerika dari semua usia — terutama anak kecil dan wanita hamil — makan makanan laut setidaknya dua kali seminggu.)

Berikut adalah 5 manfaat teratas meningkatkan asupan makanan laut Anda, menurut Gans.

1. Seafood Dapat Mencegah dan Mengurangi Gejala Depresi

"Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang rutin makan ikan 20 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi dibandingkan rekan-rekan mereka," kata Gans. Ini berkat sifat anti-inflamasi makanan laut — hasil dari DHA dan EPA asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi — dan kemampuannya untuk meningkatkan produksi dan penyerapan serotonin.

2. Makanan Laut Mengurangi Risiko Alzheimer dan Demensia

Menurut Gans, intervensi nutrisi, seperti peningkatan konsumsi ikan berlemak, dan peningkatan kadar EPA dan DHA dalam darah, telah terbukti menurunkan risiko pengembangan demensia dan penyakit Alzheimer. “Faktanya, mengonsumsi sedikitnya satu makanan seafood per minggu telah dikaitkan dengan penurunan risiko seseorang untuk Alzheimer dan demensia,” tambahnya. Pilihan terbaik Anda adalah salmon Alaska liar, halibut, dan sablefish, yang mengandung Vitamin D, asam amino seperti triptofan, dan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, yang semuanya diperlukan untuk mendukung suasana hati dan kognisi, kata Gans.

3. Makanan Laut Melindungi Jantung Anda

“Makan makanan laut dua kali seminggu telah terbukti mengurangi risiko kematian akibat penyebab terkait kesehatan sebesar 17 persen, dan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 36 persen,” kata Gans. Memasukkan makanan laut padat nutrisi ke dalam makanan dapat menurunkan peradangan dan meningkatkan trigliserida dan kadar kolesterol.

4. Makanan Laut Membangun Sistem Kekebalan Tubuh Anda dan Menurunkan Peradangan

Asam lemak omega-3 dari ikan membantu mengurangi risiko peradangan. Selain itu, Gans mengatakan bahwa makanan laut juga merupakan sumber vitamin A, D, selenium, seng, dan glutamin peningkat kekebalan tubuh.

5. Makanan Laut Mempromosikan Perkembangan Bayi dan Anak

“Asam lemak omega-3 (khususnya DHA) adalah nutrisi penting dalam perkembangan manusia awal, termasuk penglihatan, kekebalan tubuh, sistem saraf, dan pertumbuhan otak,” jelas Gans. “Selama kehamilan, sebuah studi Harvard menunjukkan bahwa konsumsi seafood bermanfaat bagi kesehatan ibu dan perkembangan otak bayi. Manfaatnya terus berlanjut selama masa bayi dan remaja karena konsumsi makanan laut telah terbukti mendorong peningkatan IQ. "

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.