Previous
Next

Cara Dasar Memasak

Inilah Mengapa Anda Seharusnya Tidak Mencuci Ayam Sebelum Memasaknya

 

Ini masalah yang paling polarisasi pada unggas — haruskah Anda mencuci ayam sebelum memasaknya? Profesional kesehatan dan keselamatan makanan menyarankan agar praktik ini tidak dilakukan, karena dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang. Menangani ayam mentah dengan hati-hati selama persiapan adalah kunci untuk menghindari keracunan makanan.

Kebanyakan orang yang membersihkan ayam mereka berpikir bahwa mereka sedang mencuci kuman atau kelangsingan dari ayam. Dan sementara mereka benar dalam mengasumsikan bahwa ayam mentah sering penuh dengan bakteri, seperti campylobacter atau salmonella, mencucinya dengan air tidak membantu melawan hal ini. Bahkan, mencuci ayam Anda justru memperburuk masalah ini, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, karena air yang mengalir dan cipratan dapat menyebarkan bakteri di sekitar bak cuci, meja, dan bahkan pakaian Anda.

USDA menyatakan bahwa satu-satunya cara pasti untuk menghilangkan bakteri adalah dengan memasak ayam pada suhu yang tepat, dan aturan ini juga berlaku untuk jenis daging dan ikan lainnya. Suhu minimum ayam yang dimasak harus 165 derajat, dan Anda dapat menemukan suhu untuk jenis daging lain di tabel ini juga.

Bahkan koki profesional telah terbagi dalam masalah ini. Julia Child adalah pendukung setia mencuci ayam, sementara Ina Garten baru-baru ini muncul di acaranya untuk menegaskan bahwa tidak perlu mencuci daging atau daging lainnya. Sisi Garten memiliki ilmu untuk mendukungnya, dan potensi bahaya dari mencuci ayam meskipun, benar-benar tidak ada alasan untuk melakukannya selain keterikatan pada kebiasaan lama.

Namun, jika Anda tetap setia mencuci ayam Anda, seperti yang dikatakan peneliti keamanan makanan Universitas Drexel, Jennifer Quinlan kepada NPR, cobalah untuk tidak mencuci setidaknya satu kali untuk melihat apakah Anda benar-benar dapat melihat perbedaan. Jika kelangsingan menjadi masalah, coba tepuk ayam dengan tisu. Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan kebiasaan mencuci Anda, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mendisinfeksi permukaan apa pun yang mungkin terkena cairan atau percikan untuk mencegah kontaminasi silang, dan cuci tangan Anda secara menyeluruh setelah menyentuh daging mentah atau makanan apa pun atau alat yang telah bersentuhan dengannya. Penanganan dan persiapan unggas mentah yang cermat sangat penting untuk tetap sehat. Faktanya, mencuci ayam mentah hanyalah satu dari banyak kesalahan yang Anda buat saat memasak ayam.

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.