Previous
Next

Kesehatan

10 Penyakit / Gangguan Pada Darah

 

Penyakit darah atau gangguan pada darah adalah penyakit yang mempengaruhi darah dalam tubuh. Banyak penyakit darah yang merupakan bawaan dan diakibatkan karena kelainan genetik yang diwariskan. beberapa penyakit darah disebabkan oleh respon tubuh terhadap stres atau depresi yang sedang dialami oleh seseorang. Penyakit atau kelainan pada darah berbeda dengan gangguan atau penyakit yang dibawa oleh darah. salah satu yang membedakan adalah bahwa penyakit atau gangguan pada darah tidak menular (namun bisa diturunkan), sedangkan gangguan atau penyakit yang dibawa oleh darah bisa menular.

 

Berikut beberapa daftar penyakit atau gangguan pada darah. 

 

1. Varises

Varises atau penyakit otot nimbul adalah pelebaran pembuluh vena yang membuatnya semakin lebar. Pembuluh vena yang melebar tersebut menonjol melebihi kulit, dan biasanya terjadi di bawah betis. 

 

2. Agnogenic Myeloid Metaplasia (AMM)

AMM terjadi ketika tulang belakang seseorang terluka. Kondisi tersebut membuat produksi sel darah di sumsum tulang belakang menjadi berkurang. Sel darah wajib dibutuhkan tubuh manusia untuk mengimbangi organ vital seperti limpa dan hati.

 

3. Anemia

Kondisi di mana tubuh kekuarangan darah akibat kandungan hemoglobin dalam darah jumlahnya sedikit. Tubuh akan kekurangan pasokan oksigen, itulah sebabnya penderita anemia sering merasa lemas. Hal ini disebabkan tidak normalnya fungsi hemoglobin sebagai pengikat oksigen dalam darah.

 

4. Polycythemia Vera

Kondisi ini terjadi ketika sumsum tulang belakang memproduksi terlalu banyak sel darah, namun kondisi ini sangat jarang dialami. Polycythemia Vera merupakan kondisi di mana konsentrasi sel darah merah terlalu tinggi, dan lebih sering ditemukan pada pria dibandingkan pada perempuan.

 

5. Hipertensi 

Hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakan kondisi di mana tekanan darah seseorang tinggi karena adanya penyempitan pembuluh darah dengan sistolis sekitar 140-200 mmHG. Tekanan diastolis penderita hipertensi adalah sekitar 90-110 mmHG.

 

6. Sepsis

Sepsis atau yang biasanya dikenal dengan Systemic Inflamatory Response Syndrome (SIRS) adalah kondisi di mana darah seseorang terinfeksi oleh bakteri. Kondisi ini bisa sangat mengancam kehidupan dan diakibatkan oleh mikroorganisme yang memproduksi racun. Titik awal serangan bakteri ini adalah ginjal, hati, empedu, paru-paru, dan kulit. 

 

7. Hipotensi

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi di mana tekanan sistolis seseorang berada di bawah angka 100 mmHG.

 

8. Hemofilia

Penyakit pada darah ini merupakan penyakit keturunan. Kondisi seseorang yang mengalami hemofilia adalah darahnya sukar membeku jika mengalami luka.

 

9. Leukimia

Kanker dari darah yang membentuk jaringan ini ditandai dengan peningkatan besar jumlah sel darah putih (leukosit) dalam sirkulasi darah atau sumsum tulang belakang. Pada kondisi seseorang dengan leukimia, sel darah putih yang dihasilkan oleh sumsum tulang belakang dan kelenjar getah bening ini abnormal dan belum matang.

 

10. Thrombocytopenia

Kondisi ini adalah rendahnya jumlah trombosit dalam tubuh manusia. Biasanya orang dengan Thrombocytopenia jika mengalami pendarahan sukar untuk dihentikan. 

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Macam macam kelainan darah. Macam macam penyakit kelainan darah. Macam macam penyakit darah. Jenis penyakit kelainan darah. Macam macam penyakit darah pada manusia. Macam kelainan darah. Macam penyakit darah.

Macam penyakit kelainan darah. Jenis kelainan darah. Jenis jenis kelainan darah. Https://carapedia.com/penyakit_gangguan_pada_darah_info4069.html. Macam macam kelainan pada darah. Jenis jenis penyakit darah. 10 penyakit darah.

Macam macam penyakit pada darah. Jenis penyakit darah. Nama penyakit darah. Jenis jenis penyakit kelainan darah. Macam2 kelainan darah. Nama nama penyakit darah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
26 Jan 2015 21:43
Seno Adji Kanugrahan
thanks infonya
11 Feb 2014 03:44
Mochalicca.tumblr.com
Nice info! <3 <3
11 Feb 2014 03:44
Mochalicca.tumblr.com
Nice info! <3 <3