Previous
Next
  • Home
  • »
  • Ilmu Pengetahuan
  • » Inilah Berapa Lama Cuka Balsamic Bertahanódan Cara Menyimpannya yang Benar

Ilmu Pengetahuan

Inilah Berapa Lama Cuka Balsamic Bertahanódan Cara Menyimpannya yang Benar

 

Baik ditaburkan di atas es krim vanila, disiramkan ke dalam sup, atau digunakan sebagai saus untuk roti, cuka balsamic mengubah hidangan sehari-hari menjadi pesta yang lezat. Sederhananya, cuka balsamic itu ajaib. Investasikan pada botol berkualitas, simpan dengan baik, dan itu akan menjadi bahan rahasia Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Melansir dari Martha Stewart, inilah yang perlu Anda ketahui untuk melindungi investasi tersebut dan membuat cuka balsamic Anda bertahan lama.

Berapa Lama Cuka Balsamic Bertahan?

Meskipun sulit untuk membuktikan cuka balsamic dapat bertahan selamanya, botol yang baik akan bertahan cukup lama, dengan asumsi cuka tersebut dibuat dan disimpan dengan benar. Keasaman cuka sebenarnya membuatnya dapat mengawetkan diri sendiri, itulah sebabnya banyak botol cuka balsamic menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia. Menurut Michael Harlan Turkell, penulis Acid Trip: Travels in the World of Vinegar, pada abad ke-19, para ibu di wilayah Emilia Romagna, Italia, mulai membuat balsamic ketika seorang anak perempuan lahir. Dengan begitu, pada saat putrinya menikah, balsamic tersebut sudah cukup umur.

Kebanyakan cuka balsamic yang tersedia secara komersial harus dikonsumsi dalam waktu tiga sampai lima tahun setelah dibuka. Cuka masih aman dikonsumsi setelah lima tahun (ingat, dapat diawetkan sendiri), tetapi kualitasnya tidak akan sama.

 

Beli yang Terbaik Karena Tahan Lama

Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda membeli botol bagus yang tahan lama? Mengenai balsamic, pepatah lama memang benar: Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Carilah IGP (Indicazione Geografica Protetta), yang berumur minimal 60 hari, atau DOP Tradisional (Tradizionale Denominazione di Origine Protetta), yang berumur minimal 12 tahun dan akibatnya biayanya lebih mahal.

Perlu diketahui juga bahwa beberapa cuka balsamic mungkin tercampur dengan bahan lain, seperti sirup, jadi bacalah daftar bahannya—bahan tambahan dapat mempercepat pembusukan.

Cara Menyimpan Cuka Balsamic

Jika selama ini Anda menyimpan cuka balsamic di lemari di atas kompor atau oven (atau di meja dekat kompor), inilah saatnya untuk memindahkannya. Untuk mendapatkan rasa cuka balsamic terbaik dan tahan lama, simpanlah di tempat sejuk, gelap, dan jauh dari rasa yang kuat. Jika Anda terutama menggunakannya untuk membuat salad dan lebih menyukai bahan dingin untuk saus Anda, Anda dapat menyimpannya di lemari es—tetapi tidak memerlukan lemari es.

Cara Menggunakan Cuka Balsamic

Sama lezatnya dengan cuka balsamic yang ditaburkan di atas daging panggang atau di atas piring keju atau salad, ada banyak cara lain untuk menggunakannya juga. Faktanya, dengan semua hidangan dan minuman yang bisa Anda tambahkan cuka balsamic, sepertinya mustahil ada orang yang bisa menyimpan botolnya selama setahun, apalagi tiga sampai lima tahun.

• Cobalah jamur balsamic ini sebagai lauk yang mudah.

• Buatlah ayam jeruk dan balsamic ini untuk santapan malam hari yang cepat dan lezat.

• Balsamic sangat cocok dipadukan dengan kombinasi asam manis seperti saus balsamic-ara ini, yang dipadukan dengan ayam atau babi atau bisa menjadi andalan papan keju Anda.

• Jelajahi kekuatan balsamic untuk hidangan penutup: cobalah sedikit campuran rebusan pir—dan cobalah taburkan di atas es krim vanila.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.