Previous
Next

Daerah

Angklung, Alat Musik Khas Sunda

“Kling… Klung… Kling… Klang…”


Terdengar bunyi angklung di mana-mana. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Membunyikannya dengan cara digoyangkan. Bunyi yang terdengar karena benturan dari badan pipa bambu.


Awal dari munculnya alat musik angklung ini adalah untuk memikat Dewi Sri, atau dewi padi agar turun ke Bumi untuk menyuburkan padi para petani. Selain itu, pada zaman kerajaan dan penjajahan, angklung digunakan sebagai penyemangat para prajurit yang akan bertempur.


Angklung di Jawa Barat terdapat berbagai macam jenis, tergantung dari daerahnya. Angklung gubrag terdapat di Jasinga, Bogor. Angklung Badeng terdapat di Malangbong, Garut. Nada pada alat musik angklung, seperti pada umumnya alat musik Sunda, adalah salendro dan pelog.

 





Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

 

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Teks deskripsi tentang angklung. Deskripsi angklung. Asal daerah angklung. Daerah asal angklung. Teks tanggapan deskriptif tentang angklung. Teks deskripsi angklung. Kota asal angklung.

Asal angklung. Contoh teks deskripsi tentang alat musik. Teks deskripsi tentang alat musik. Deskripsi alat musik angklung. Teks deskripsi alat musik angklung. Gambar masakan daerah beserta teks deskriptif. Contoh teks deskripsi tentang alat musik angklung.

Teks deskripsi tentang alat musik angklung. Deskripsi mengenai angklung. Contoh diskripsi alat musik. Tanggapan tentang alat musik angklung. Angklung asal daerah. Deskriptif alat musik angklung.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
14 Oct 2014 20:40
rio
makasih ya