Previous
Next
  • Home
  • »
  • Hobi
  • » 10 Fakta Menarik Tentang Dunia Cokelat

Hobi

10 Fakta Menarik Tentang Dunia Cokelat

Semua orang menyukai cokelat, sebagian dari kita mungkin memakannya setiap hari atau setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Cokelat merupakan salah satu produk makanan yang paling disukai di dunia. Bahkan tidak sedikit orang yang akan mengatakan bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa cokelat. 

 

Anda mungkin sudah tahu bahwa hari ini produk cokelat sudah menjadi luar biasa karena merupakan bagian kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa ada fakta menarik tentang dunia cokelat yang mungkin tidak banyak orang yang tahu. Berikut ini adalah beberapa fakta (aneh, menyedihkan, bahkan juga konyol) tentang cokelat. Let’s have the tour!

 

1. Perbudakan

Fakta : petani cokelat pada dasarnya adalah budak. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap orang dapat menikmati cokelat setiap harinya. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana asal cokelat yang Anda makan? Sebagian besar berasal dari perkebunan cokelat yang mempekerjakan anak-anak. Di Afrika, ada sekitar 56-72 juta anak yang bekerja di perkebunan cokelat. Anak-anak tersebut sering ditipu untuk dipekerjakan atau dijual untuk menghidupi keluarga mereka.

 

2. Tidak sepenuhnya cokelat

Fakta : banyak produk cokelat hanya mengandung cokelat asli dalam persentase yang sangat kecil. 

Setiap negara memiliki standar berbeda mengenai kandungan cokelat asli di produk cokelat seperti Dark Chocolate, Semisweet Chocolate, Milk Chocolate, dan lainnya. Milk Chocolate produk Amerika Serikat hanya mengandung 10 persen cokelat cair yang dicampur dengan Cocoa Butter.

 

3. Milk Chocolate merupakan penemuan baru

Produk Milk Chocolate menjadi sangat populer belakangan ini, dan produk ini merupakan turunan cokelat yang ditemukan terakhir, setelah tahun 1875. Penemuan pertama produk cokelat ada Cocoa Butter, sedangkan Milk Chocolate ditemukan pertama kali oleh pria yang bernama Nestle. 

 

4. Cokelat sebagai uang

Fakta : Bangsa Aztec dan Suku Maya menggunakan cokelat sebagai mata uang. 

Biji kakao pada masa Suku Maya bernilai tinggi. Sepuluh biji kakao bisa digunakan untuk membeli satu ekor kelinci. Seratus biji kakao bisa digunakan untuk membeli budak kala itu. Bangsa Aztec kemudian datang dan mengadopsi tradisi Suku Maya menggunakan biji kakao sebagai mata uang. Ternak, makanan, dan senjata dibeli dengan biji kakao. Umumnya, hanya orang kaya yang minum cokelat secara teratur.

 

5. Kaya antioksidan

Fakta : cokelat kaya akan antioksidan yang benar-benar berguna untuk tubuh Anda.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa cokelat mengandung flavonoid yang disebut flavonols dan procyanidins yang baik untuk jantung serta pencegah kanker. Perlu dicatat bahwa beberapa studi menunjukkan hanya Dark Chocolate yang bisa memberikan Anda antioksidan dalam kandungan moderat hingga signifikan. Peneliti menemukan bahwa Dark Chocolate berperan besar mengurangi tekanan darah tinggi, namun jika Anda mengonsumsi Milk Chocolate fungsinya tidak akan efektif.

 

6. Mengandung Theobromine

Fakta : cokelat tidak hanya mengandung kafein, tetapi juga mengandung obat yang dikenal dengan nama Theobromine.

Theobromine mirip dengan kafein, tetapi efek stimulannya lebih ringan. Penelitian menunjukkan bahwa Theobromine dapat mengurangi batuk, mengobati tekanan darah, memerangi kanker, dan juga banyak hal. Namun, mengonsumsi Theobromine secara berlebihan malah dapat menyebabkan keracunan. 

 

7. Bangsa Aztec fanatik cokelat

Fakta : Bangsa Aztec meminum rata-rata 50 cangkir cokelat panas setiap hari. 

Normalnya, secangkir cokelat panas yang Anda buat hari ini tidak akan mengandung terlalu banyak kafein, namun cokelat yang diminum bangsa Aztec adalah Dark Chocolate murni yang hanya dicampur beberapa rempah dan tanpa gula. Orang Spanyol-lah yang pertama kali mencampur gula untuk cokelat panas. 

 

8. Kasus penipuan cokelat

Fakta : Banyak perusahaan produsen cokelat mencoba untuk mendapatkan persetujuan untuk mengganti cokelat asli sebagai bahan produk mereka.

Banyak produsen cokelat Amerika Serikat, termasuk Nestle, yang mencoba mendapat ijin dari badan pangan untuk mengganti bahan Cocoa Butter dengan minyak sayur, kemudian menjual produk yang dinamai cokelat ke pasaran. 

 

9. Dunia sedang kekurangan stok cokelat

Fakta : Dunia menghadapi kekurangan stok cokelat karena penyakit yang menyerang pohon kakao di Amerika Latin.

Produksi cokelat dunia banyak disumbang oleh Amerika Latin, namun untungnya penyakit pohon kakao tidak menyebar hingga ke Afrika. Kalau di Amerika Latin petani cokelat berhadapan dengan kenaikan harga, petani cokelat di Afrika sedang berhadapan dengan kekeringan. 

 

10. Cokelat batang terbesar

Fakta : cokelat batang terbesar yang pernah dibuat adalah seberat 10 ton!

Cokelat batang terbesar dibuat pada September 2011, memerlukan 1700 pon Cocoa Butter dan sekitar 1400 pon cokelat cair. Cokelat batang terbesar ini dibuat oleh lima pekerja dan merupakan inspirasi dari Willy Wonka and the Chocolate Factory.

Baju terbaru di butik.store.id
(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Fakta willy wonka. Fakta tentang willy wonka. Fakta coklat willy wonka. Gambar coklat cair. Gambar pabrik coklat willy wonka. Apakah coklat willy wonka asli atau ada. Fakta seputar hersheys.

Pohon coklat besar dunia. Fakta menarik tentang herhesys. Willy wonka apa benar asli ada. Fakta coklat nestle. Produk cokelat. Kandungan coklat wonka. Produk dark chocolate.

Willy wonka fakta. Tahukah anda fakta cokelat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.