Previous
Next

Dunia Kerja

Bekerja di Perusahaan Asing Harus Tahu Budayanya

 

Bekerja di perusahaan asing atau multinasional sekalipun adalah hal yang membanggakan rupanya butuh persiapan diri. Di dalam perusahaan asing ada hal-hal yang berbeda jika Anda bekerja di perusahaan biasa. Atasannya tentu berkewarganegaraan asing serta ritme kerja yang berbeda harus Anda kenali agar Anda betah bekerja dan disukai atasan.

Budaya kerja selalu ada di hampir semua perusahaan. Saat dua minggu petrama Anda bekerja di perusahaan asing Anda harus bisa memahami peraturan baik tertulis dan tidak tertulis. Peraturan tidak tertulis ini;ah yang biasanya menjadi budaya kerja paling krusial jika Anda tidak memahaminya dengan benar.

Jika sebelumnya Anda bekerja di perusahaan nasional yang masih memegang adat timur. Lingkungan kerja tidak membiasakan karyawan mengutarakan argumentasi, biasanya mereka cenderung menghindari beda pendapat dengan atasan atau rekan lain agar bisa bertahan, karyawan juga terbiasa menunggu perintah atau instruksi dari atasan. Atasan bisa jadi dianggap orang tua yang harus selalu dihormati meskipun ia melakukan kesalahan.

Hal ini berbeda dengan budaya multinasional. Di lingkungan kerja selalu ada rasa menghargai antar individu terutama ketika mengutarakan pendapat. Beda pendapat sah-sah saja asal untuk perkembangan perusahaan. Karyawan harus dituntut mengeluarkan ide-idenya dan harus siap adu argumentasi baik dengan atasan maupun rekan kerja.

Anda harus menerapkan disiplin waktu. Budaya barat tidak mengenal istilah “jam karet”. Terlambat dianggap tidak menghargai orang lain dan dianggap tidak professional dalam pekerjaan. Setidaknya Anda harus mengembangkan diri untuk mau belajar, bersikap terbuka dan selalu profesional. Pahami target kerja agar pekerjaan Anda berkualitas dan tunjukkan bahwa Anda respek dengan rekan kerja serta orang lain di lingkungan kerja.

Video

Budaya Kerja di Jepang

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Budaya kerja perusahaan asing. Budaya perusahaan asing. Cara kerja perusahaan asing. Tips bekerja diperusahaan asing. Budaya kerja di perusahaan asing. Cara bekerja yang baik di perusahaan asing.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.