Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Bawang Merah Sangat Baik Untuk Anda Ini 3 Manfaat Sehatnya

 

Bawang - Anda mungkin menyukainya atau membencinya. Tetapi jika Anda termasuk dalam kategori yang terakhir, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali. Bawang sangat baik untuk Anda, dan menambahkan sayuran aromatik yang kaya nutrisi ini ke dalam rotasi makanan Anda adalah langkah yang cerdas (dan lezat). Sederhananya, "bawang rendah kalori dan kaya potasium dan vitamin B6 dan C," kata Jennifer Weis, RD, LDN, pendiri dan pemilik Jennifer Weis Nutrition. Berkat nilai gizi, aksesibilitas, dan rasanya yang lezat, tidak heran bohlam serbaguna ini menjadi makanan pokok dalam masakan di seluruh dunia dan membentuk dasar rasa untuk berbagai macam hidangan.

Berjalanlah ke lorong produk toko kelontong Anda atau berjalan-jalan di pasar petani lokal dan Anda mungkin akan melihat banyak sekali pilihan bawang – sebenarnya ada 21 jenis yang berbeda! Bawang adalah spesies sayuran dalam genus allium, bersama dengan umbi aromatik serupa seperti bawang putih, daun bawang, daun bawang, dan bawang merah. (Meskipun sayuran terkenal lainnya ini bukan bawang itu sendiri, mereka berada dalam keluarga sayuran yang sama dan menghasilkan banyak manfaat kesehatan juga.) Bawang utuh harus bertahan di dapur Anda atau tempat sejuk, kering, dan gelap lainnya (bukan lemari es) selama sekitar dua minggu — tetapi jangan menyimpannya di samping kentang, yang mengeluarkan gas dan uap air yang dapat merusak bawang dengan cepat. Jika Anda memiliki sisa bawang yang sudah dipotong, masukkan ke dalam kantong yang dapat ditutup kembali di lemari es agar tetap segar selama sekitar satu minggu (Anda juga dapat menyimpannya dalam wadah di dalam freezer).

Berikut adalah beberapa manfaat nutrisi utama yang diberikan bawang bombay. Jika Anda mencari lebih banyak alasan untuk membeli satu atau dua bawang saat Anda mengunjungi toko lagi, Anda berada di tempat yang tepat.

Manfaat Nutrisi Bawang

1 Bawang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Makan bawang dapat memiliki dampak yang sehat pada sistem kardiovaskular Anda. Secara khusus, penelitian telah menemukan bahwa polifenol yang disebut quercetin yang ditemukan dalam bawang membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar trigliserida. Bawang berwarna lebih gelap, seperti bawang merah dan bawang bombay, mengandung jumlah quercetin tertinggi. Penelitian dari American Chemical Society juga menemukan bahwa "bawang tanpa air mata" dapat membantu melindungi dari penyakit jantung.

2 Bawang kaya akan antioksidan untuk kesehatan kekebalan tubuh, anti-inflamasi, dan banyak lagi.

Bawang mengandung antioksidan penangkal penyakit dan radikal bebas, yang membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel yang rusak di tubuh Anda. Mereka adalah salah satu sumber terbaik flavonoid (termasuk quercetin), fitokimia dengan sifat antioksidan kuat. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, bawang mengandung setidaknya 25 flavonol yang berbeda. "Bawang merah dan kuning lebih kaya antioksidan daripada jenis bawang lainnya. Faktanya, bawang kuning mengandung antioksidan hampir 11 kali lebih banyak daripada bawang putih," kata Sara Peternell, MNT, ahli gizi holistik bersertifikat yang mengkhususkan diri dalam nutrisi keluarga. Diet kaya antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas, yang mengarah pada sistem kekebalan yang kuat dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

3 Bawang dapat mengurangi risiko kanker.

Ada beberapa penelitian keren yang dilakukan tentang bagaimana bawang dapat memainkan peran penting dalam membantu mencegah kanker. Sebuah studi dari University of Guelph menyimpulkan bahwa bawang merah, khususnya, adalah yang paling efektif dalam mengurangi sel kanker usus besar dan payudara. Ini sekali lagi karena tingginya tingkat quercetin dan anthocyanin (jenis lain dari antioksidan flavonoid). Studi lain yang diterbitkan dalam Cancer Prevention Research menemukan bahwa satu hingga tujuh porsi sayuran allium, seperti bawang, kaya akan organosulfur dan flavonol – senyawa yang telah ditemukan memiliki komponen penghambat tumor.

 

Cara Memasak Dengan Bawang

Bawang kuning mentah cenderung menjadi varietas yang paling manis, menjadikannya tambahan yang bagus untuk salsa. Bawang kuning yang dimasak menjadi bahan dasar yang gurih untuk sup, semur, dan saus. Bawang bombay juga enak dimakan sendiri, dipanggang, dibakar, atau ditumis. Sandwich dan burger teratas dengan bawang panggang (atau mentah!) untuk meningkatkan faktor semangat. Untuk semburan rasa yang tajam - dan warna yang indah - tambahkan acar bawang merah ke mangkuk gandum, taco ikan atau babi, atau di samping daging utama. Jika Anda sedikit ragu untuk menambahkan bawang bombay ke dalam menu rumah Anda, mulailah dengan menjaga proses memasaknya tetap sederhana. Weis merekomendasikan untuk mengiris bawang menjadi cakram, mengolesnya dengan minyak zaitun, membumbui dengan garam dan merica, dan memanggang kedua sisinya.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.