Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » Waspadai 6 Zat Kimia Berbahaya di Sekitar Kita

Kesehatan

Waspadai 6 Zat Kimia Berbahaya di Sekitar Kita

Tanpa disadari ada banyak sekali benda-benda di sekitar kita yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Bahan kimia tersebut mempengaruhi kondisi tubuh misalnya stamina tubuh menurun, timbulnya gejala penyakit, gangguan pernapasan dan alergi kulit. Bahan-bahan kimia apa saja yang sangat berbahaya itu? Simak berikut ini.

1. Asbes

Asbes sering Anda jumpai sebagai atap rumah pengganti genteng. Asben ini bersifat tahan lama, fleksibel, namun menyebabkan suhu di dalam ruangan panas. Kandungan asben cukup berbahaya untuk penapasan kita.

2. Bioaerosol

Zat ini biasa ditemukan pada benda debu yang sudah lama tidak dibersihkan, serbuk bunga tumbuhan. Berdasarkan penelitian partikel ini rupanya adalah makhluk hidup seperti bakteri, virus, jamur, serangga. Akan sangat berbahaya jika dihembuskan oleh angin dan dihirup manusia atau masuk ke tubuh manusia.

3. Formaldehid

Bahan kimia ini biasa terdapat pada benda berbahan kayu yang dipress, berpelitur seperti pada almari, papan dinding dari kayu, produk tekstil misalnya pada pakaian. Tanpa disadari manusia, biasa akan masuk ke dalam tubuh manusia melalui proses pengikisan oleh rayap, terjadinya penguapan akibat panas.

4. Senyawa organik volatile

Senyawa ini sifatnya mudah menguap dipengaruhi oleh suhu sebuah ruangan. Senyawa ini biasanya terdapat pada cairan cat tembok, cat lukis, pelapis kayu (vernis), lem aibon. Penguapan dari senyawa ini dibawa oleh udara masuk ke tubuh manusia melalui proses pernapasan.

5. Debu Partikulat

Bisa juga disebut debu yang beterbangan di udara tidak menempel pada sebuah benda. Bentuknya sangat halus, kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang manusia. Debu-debu ini memiliki kandungan logam yang cukup berbahaya karena memicu menimbulkan penyakit jika dihirup oleh manusia. Ada baiknya untuk menghindari debu ini Anda sebaiknya menggunakan masker saat ada di alam terbuka, sedang membersihkan ruangan dan perabotan rumah tangga.

6. Karbon Monoksida

Rumus kimianya yaitu CO, bersifat tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Gas ini biasa dida[at dari hasil pembuangan pembakaran kendaraan bermotor. Daerah perkotaan tentunya lebih banyak mengandung zat kimia ini karena banyak ditemukan kendaraan bermotor. Hal yang membahayakan yaitu jika dihirup oleh manusia akan menghambat masuknya oksigen ke dalam tubuh sehingga penyebabkan penyumpatan saluran pernapasan. Untuk menghilangkan gas beracun ini bisa dinetralisir dengan jamur jenis penicilium dan asperigus

Video

Bahaya Asbes

Berikut ini adalah video yang menjelaskan secara rinci apa itu asbes dan bahayanya pada tubuh manusia

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Bahan kimia berbahaya di sekitar kita. Nama benda atau zat. Http://carapedia.com/waspadai_zat_kimia_berbahaya_sekitar_kita_info4321.html. Bahan kimia berbahaya disekitar kita. Nama benda/zat. Nama benda / zat. Apa saja bahan kimia.

Benda benda yang mengandung bahan kimia. Nama benda zat. Nama benda zat kimia. Zat berbahaya di sekitar kita. Bahan kimia yang berbahaya disekitar kita. Https://carapedia.com/waspadai_zat_kimia_berbahaya_sekitar_kita_info4321.html. Zat zat kimia yang berbahaya jika dihirup.

Produk kimia disekitar kita. Zat kimia yang ada disekitar kita. Waspadai 6 zat kimia berbahaya di sekitar kita. Bahan berbahaya disekitar kita. Contoh benda benda yang mengandung bahan kimia. Bahan bahan berbahaya di sekitar kita.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.