Previous
Next

Bayi & Anak

Trik Melatih Anak Menggosok Gigi di Usia Dini

 

Menggosok gigi sebenarnya merupakan hal yang menyenangkan. Namun menggosok gigi bukan hal yang mudah karena membutuhkan teknik tertentu agar gigi terlihat sehat, kuat dan bersih. Menyikap gigi merupakan kebiasaan yang sebaiknya dilakukan sejak dini. Jika memang sudah terbiasa, maka  faktanya tidak akan banyak orang mengeluhkan gigi mereka bermasalah.

Masalahnya, tidak semua anak mudah untuk dibiasakan menggosok gigi mereka. Anda harus pandai-pandai memanfaatkan kesempatan agar anak mau mulai merawat gigi mereka. Intinya adalah sabar. Selain itu berikut ini beberapa tips yang bisa  Anda lakukan untuk membiasakan anak menggosok gigi.

1. Ajarkan sejak usia dini

Membiasakan menggosok gigi pada anak sebaiknya perlu dilakukan sejak dini. Waktu yang tepat untuk mulai membiasakannya adalah saat anak berusia sekitar 2 tahun atau mereka sudah mulai memasukkan benda atau mainan ke dalam mulutnya. Selain itu, juga pada saat gigi anak tumbuh pertama kali perlu mulai dibiasakan menggosok gigi dua kali sehari.

2. Ceritakan hal menarik tentang gigi

Pada dasarnya anak menyukai dunia imajinasi. Jika Anda kesusahan untuk mengenalkan pentingnya menggosok gigi ajaklah mereka untuk sedikit berimajinasi. Dongengkanlah dunia gigi yang sehat dan kuat sehingga mereka tertarik untuk memiliki gigi yang  sehat yang kuat. Agar gigi sehat dan kuat tentunya mereka perlu untuk menggosok gigi. Saat ini pun banyak sekali buku atau film tentang gigi yang dapat membantu Anda mengenalkan dunia gigi pada anak.

3. Memilih sikat sendiri

Sikat gigi untuk anak sangat bervariasi dan menarik. Maka  jika Anda ingin mengenalkan pentingnya menggosok gigi mungkin Anda bisa mengajak anak Anda untuk membeli dan memilih model sikat gigi yang mereka suka. Anak akan lebih menyukai apa yang mereka pilih daripada Anda memaksakan sikat gigi yang mereka tidak suka dan mereka enggan untuk menggosok gigi.

4. Menggosok gigi bersama

Dengan menggosok gigi bersama, Anda bisa mengajarkan bagaimana cara menggosok gigi yang baik. Teknik menggosok gigi perlu diajarkan agar mereka tidak terbiasa menggosok gigi dengan cara yang salah. Cara menggosok gigi yang benar adalah pastikan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan gigi dengan gusi, gerakan sikat saat menggosok lembut dan memutar. Ajarkan pula menyikat lidah dengan lembut agar nafas terasa segar.

5. Ajarkan perawatan sikat

Ajarkan anak untuk menyimpan sikat dengan penutup kepala agar tidak terkena bakteri, selain itu jangan meminjamkan sikat kepada orang lain sehingga tidak tertular bakteri. Ganti sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak atau tak beraturan.

 

Video

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Video berikut merupakan penyuluhan bagaimana menyikat gigi yang benar

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara mengajari anak gosok gigi. Cara mengajarkan anak menggosok gigi. Cara mengajari anak sikat gigi. Cara mengajarkan anak sikat gigi. Cara mengajari balita gosok gigi. Umur berapa anak diajarkan sikat gigi. Cara mengajari anak menggosok gigi.

Melatih anak gosok gigi. Cara melatih anak sikat gigi. Cara mengajarkan balita gosok gigi. Cara mengajar menggosok gigi. Cara mengajarkan anak gosok gigi. Bagaimana agar anak balita mau sikat gigi. Cara mengajari anak balita sikat gigi.

Https://carapedia.com/trik_melatih_anak_menggosok_gigi_usia_dini_info4059.html. Kapan anak mulai diajarkan gosok gigi. Cara mengajarkan sikat gigi pada bayi. Mengajari balita gosok gigi. Cara menggosok gigi anak paud. Menyikat gigi usia dini.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.