Previous
Next

Tutorial / Panduan

Tips Untuk Mendaki Gunung

 

Jika anda merupakan pecinta alam yang baru akan mendaki gunung, sebaiknya anda mempersiapkan beberapa hal yang penting. Karena mendaki gunung merupakan hal yang gampang-gampang susah, ada baiknya bila anda baru pertama kali, anda ditemani dengan pendaki yang sudah berpengalaman.

 

Ada banyak hal yang mengancam pendaki mulai dari tersesat, jatuh ke jurang, terserang hipotermia (terlalu kedinginan), kelelahan, serangan jantung hingga kekurangan oksigen. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda mempersiapkan dengan matang pendakian anda. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum melakukan pendakian.

 

  • Mengecek lokasi pendakian

Sebelum untuk memulai pendakian Anda disarankan mengecek dahulu lokasi pendakian dan mengetahui track pendakian. Apakah keadaan gunung saat itu dalam kondisi baik untuk didaki atau kondisi gunung siaga satu dan tidak layak untuk didaki. Mengecek track pendakian bisa melalui internet atau pun bertanya kepada teman yang sudah hafal track pendakian. Hal ini dilakukan agar kita siap menghadapi track yang akan kita lalui nanti.
 

  • Lakukan olah raga minimal sebulan sebelum pendakian

Untuk menghindari kelelahan selama pendakian, ada baiknya kalau anda membiasakan diri untuk melakukan olahraga sebelum memulai pendakian. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena biasanya untuk mendaki gunung dibutuhkan stamina yang kuat. Medan yang tidak biasa, semakin tinggi lokasi, semakin tipis oksigen yang tersedia untuk mendaki gunung. Hal ini jelas membutuhkan fisik yang sehat dan kuat.
 

  • Jangan membawa terlalu banyak barang

Saat anda memutuskan untuk mendaki gunung, pilihlah barang-barang yang penting untuk dibawa naik gunung. Misalnya makanan, obat-obatan, dan jaket hangat saja. Karena membawa barang yang terlalu banyak dan belum tentu digunakan hanya akan menambah beban di tas anda dan bisa menghambat atau mempersulit pendakian.

 

  • Siapkan sleeping bag dan tenda

Bawalah tenda yang baik dan sarung tidur (sleeping bag). Sleeping bag mampu menutupi seluruh tubuh dengan baik, kecuali bagian kepala atau muka. Dengan membawa perlengkapan ini kita akan terhindar dari hawa dingin yang menusuk saat tidur sehingga mencegah anda terserang hipotermia.
 

  • Pakailah sepatu hiking

Sepasang sepatu hiking sangat tepat untuk perlindungan kaki saat pendakian. Jangan memilih sepatu yang mudah tergelincir, misalnya karena solnya dari kulit. Sepatu hiking atau sepatu tentara yang banyak di jual di toko sepatu merupakan pilihan yang baik untuk mendaki gunung.
 

  • Bawalah jas hujan

Sebaiknya anda mempersiapkan dan membawa jas hujan untuk mengantisipasi turunnya hujan saat anda masih di tengah pendakian. Sebab seringkali cuaca di puncak gunung kurang bersahabat dan intensitas hujan turun sangat tinggi.

 

 

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Style anak gunung. Pak pitra yang meninggal di gunung. Fashion pendaki. Fashion pendaki gunung. Foto foto pendaki gunung. Fashion mendaki gunung. Pendakian gunung merapi.

Fashion naik gunung. Gambar pendakian gunung. Foto2 pendakian gunung. Mendaki tutorial. Style mendaki gunung. Http://carapedia.com/tips_mendaki_gunung_info3621.html. Tutorial naik gunung.

Style naik gunung. Contoh pendakian pecinta alam. Tutorial pendakian. Style pendaki gunung. Pendaki gunung merapi. Foto2 keren pendaki gunung.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.