Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » 5 Standar Makanan Aman Untuk Bekal Sehat Anak

Kesehatan

5 Standar Makanan Aman Untuk Bekal Sehat Anak

 

Menyiasasi anak yang suka  jajan tidak bisa dengan sembarang cara. Apalagi membiarkan anak jajan di luar yang belum tentu terjamin kebersihan dan keamanan makanannya. Dengan maraknya kasus penambahan bahan berbahaya ke dalam makanan seperti boraks, pengawet, minyak jelantah, pewarna buatan, tawas dan lainnya orang tua harus jeli memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Akan lebih aman jika orang tua membawakan bekal makanan untuk anak dari rumah. Dengan kebiasaan bekal makanan ini anak cenderung tidak menyukai jajan di luar. Tidak perlu mewah namun harus memenuhi pola makan yang bergizi. Gizi seimbang ini akan berguna untuk konsentrasi belajar anak di sekolah dan membuat anak senantiasa bergerak aktif.

Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), standar-standar makanan yang sehat dan aman adalah sebagai berikut:

1. Kenali makanan yang aman

Makanan yang aman adalah bebas dari bahan-bahan berbahaya termasuk bahan kimia. Bahan berbahaya ini bisa memicu penyakit pada anak dan jika tidak terdeteksi secara dini akan fatal akibatnya. Memang tidak mudah mengenali makanan dengan bahan berbahaya, namun melalui pengamatan hal ini bisa dilakukan. Jika makanan mengandung pewarna buatan umumnya warnanya lebih cerah dan pekat dibandingkan dengan pewarna alami.

2. Membeli makanan yang aman

Tidak selalu anak dilarang jajan untuk menjaga pola makan yang sehat. Anda perlu sesekali membelikan anak makanan diluar, namun ajari anak untuk bisa memilih makanan yang aman, bersih, bebas debu, bebas lalat, dan lokasi tempat berjualan tidak berdekatan dengan timbunan sampah.

3. Membaca label makanan

Anda perlu menjadi konsumen yang cerdas saat memilih makanan dalam kemasan. Perhatikan labelnya dengan seksama apakah makanan mengandung bahan-bahan berbahaya atau tidak. Ketahui istilah-istilah umum di dunia pangan agar tidak terjebak makanan berbahaya seperti monosodium glutamake (MSG), preservative (pengawet). Cek juga tanggal kadaluarsa makanan sebelum dibeli.

4. Jaga Kebersihan

Selain menerapkan standar makanan sehat Anda juga harus mempertimbangkan kebersihkan makanan untuk membiasakan pola hidup sehat. Pastikan mencuci tangan sebelum makan dan gunakan alat makan yang sudah bersih.

5. Catat apa yang ditemukan

Jangan lewatkan makanan yang tidak memenuhi syarat sehat dijual umum begitu saja. Catat jika ada kandungan berbahaya atau tanggal kadaluarsa dan laporkan ke BPOM setempat. Tentunya dengan melaporkan hal ini BPOM akan menarik peredaran makanan terkait dan orang lain tidak menjadi korban selanjutnya.

 

Video

Trik Menyiapkan Bekal Anak

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Standar makanan sehat. Bagaimana standar makanan yang sehat. Standar makanan yang sehat. Bagaimana standar makanan yg sehat. Apakah standar makanan sehat itu. Standar makanan yg sehat. Standar makanan sehat menurut bpom.

Standar makan yang sehat. Standart makanan yang sehat. Standart makanan yg sehat. Bagimana standar makanan yang sehat. Strandar makanan sehat. Makalah makanan yang sehat di kantin sekolah. Apakah stndar makanan sehat.

Standar makanqn yg sehat. Standar makanan sehat untuk anak. Standrt makanan yang sehat. Bagaimasn standar makanan yang sehat. Bagaimana standar makan ungbsehat. Bagaimana stamdar makanan yang sehat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.