Previous
Next

Masakan Eropa

Cara Simpel Memasak Borscht Sup Bit Kaya Rasa ala Rusia

 

Meskipun terkenal dengan nama Rusia, borscht, sup bit kaya rasa ini dicintai di seluruh Eropa Timur, di mana ia memiliki banyak variasi nama; beberapa gemuk, beberapa vegetarian (terutama untuk puasa Prapaskah), beberapa tebal dengan roti atau krim asam.

Satu hal yang sama-sama mereka miliki adalah warna pink yang indah; hanya hal untuk menghibur Anda di masa yang tidak pasti ini. Berikut ini resepnya seperti dilansir dari The Guadian Inggris:

Persiapan 20 mnt

Masak 45 mnt

Untuk 4 porsi

 

Bahan – bahan yang diperlukan

  • 300g bit (lihat langkah 1)
  • 1 bawang kecil
  • 1 wortel kecil
  • 1 batang seledri
  • 1 daun bawang kecil
  • Mentega 50g
  • 2 buah allspice utuh
  • ½ daun salam
  • 1,5 liter kaldu sapi agar-agar (lihat langkah 4), atau kaldu ayam atau sayuran
  • 2 kentang sedang, lebih disukai lilin (mis., Charlotte atau maris peer)
  • ½ kol kecil, parut
  • 4 siung bawang putih, kupas dan remuk
  • 2 sdm cuka sari apel
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sendok teh lada hitam
  • Garam
  • Krim asam dan adas segar, untuk disajikan (sebaiknya krim asam Polandia, yang memiliki rasa lebih kaya)

 

Panduan Memasak:

1 bit segar atau dimasak?

Borscht paling baik dibuat dengan bit mentah, tetapi jika Anda hanya memiliki jenis yang siap dimasak, Anda dapat menggunakannya sebagai gantinya, meskipun itu tidak memberikan sup jadi warna renyah atau rasa yang intens. Apa pun yang Anda gunakan, Anda akan membutuhkan sarung tangan, atau sikat kuku yang kokoh, dan celemek, karena bit menodai semua yang disentuhnya.

2 Siapkan sayuran

Kupas bawang dan wortel, dan cuci seledri dan daun bawang sampai bersih. Iris tipis bawang. Jika menggunakan bit mentah, kupas dan potong sekitar tiga perempatnya menjadi dadu kecil, sisihkan sisanya untuk saat ini; jika menggunakan matang, potong dadu dan sisihkan untuk saat ini. Potong wortel dan seledri menjadi dadu kecil dan iris tipis daun bawang.

3 Mulai di pangkalan

Lelehkan mentega dalam wajan besar di atas api sedang-rendah, lalu goreng bawang hingga cukup lunak dan tembus cahaya. Tambahkan wortel, daun bawang, seledri, bit mentah yang dipotong dadu (jika menggunakan), beri semua beri dan daun salam, dan aduk agar terlapisi mentega cair. Masak selama 10 menit, tambahkan sedikit kaldu jika sayuran mulai terlihat kering.

4 Pertanyaan stok

Pada masalah stok, borscht paling umum dibuat dengan kaldu sapi, lebih disukai jenis yang baik dan agar-agar, yang akan memberikan kekayaan dan tubuh yang nyata bagi sup. Namun, jika Anda tidak makan daging sapi, kaldu ayam atau sayuran juga akan lezat; jika menggunakan yang terakhir, saya sarankan merendam beberapa jamur kering di dalamnya terlebih dahulu untuk memberikan rasa lebih.

5 Tambahkan kentang dan kaldu

Sementara itu, cuci dan kupas kentang dan potong menjadi dadu kecil. Tambahkan mereka dan semua kaldu ke dalam wajan, bawalah seluruh bagiannya ke simmer simmer, lalu kecilkan api menjadi sedang-rendah dan biarkan sup menggelembung perlahan selama 15 menit saat Anda menyiapkan bahan-bahan lainnya.

6 Selesai memasak sayuran

Cuci dan hancurkan kubis (Anda bisa menggunakan jenis apa pun yang Anda suka, atau memang kale atau sejenisnya; Saya suka menggunakan kubis putih karena teksturnya yang kuat), kupas dan hancurkan bawang putih, dan parut kasar sisa bit mentah yang masih mentah, jika menggunakan. Aduk semua sayuran ini ke dalam wajan dan masak sampai semuanya empuk, terutama kentang, yang akan memakan waktu sekitar 10 menit.

7 Tambahkan cuka, dan bumbui

Setelah sayuran matang, tambahkan bit yang sudah dipotong dadu, jika Anda sudah menyusuri jalan itu, hanya untuk menghangatkannya, kemudian cicipi dan bumbui dengan cuka (lebih disukai sari buah apel, tetapi apa saja yang bisa dilakukan, atau Anda bisa menggunakan lemon jus jika Anda suka), gula, merica dan sedikit garam, dan rasa lagi: jika Anda pikir itu membutuhkan lebih dari yang di atas, tambahkan secara bertahap sampai Anda puas dengan rasanya. Dan jika Anda lebih suka sup yang lebih halus, campur juga pada tahap ini.

8 Dan sajikan

Bagilah sup di antara mangkuk dan sajikan dengan sesendok krim asam dan setangkup adonan, dengan beberapa roti hitam di sampingnya untuk dicelupkan. Perhatikan bahwa, jika cuaca memungkinkan, Anda juga dapat menyajikan borscht cold; itu lebih baik daripada hanya dibiarkan dingin. Terkadang krim asam (atau yoghurt kental) diaduk alih-alih disajikan di atas.

9 Sup Penuh Nutrisi

Untuk membuatnya menjadi makanan yang lebih substansial, Anda dapat menambahkan hiasan yang lebih besar seperti telur rebus cincang, daun bawang, lobak, mentimun, yang semuanya bekerja sangat baik dengan borscht dingin; untuk versi panas, pilihlah potongan sosis, daging babi sembuh atau daging parut seperti ayam atau daging sapi yang dimasak lambat. Vegetarian mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa kacang putih atau kacang panjang yang dimasak adalah tambahan yang cukup umum juga.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.