Previous
Next
  • Home
  • »
  • Handphone
  • » Jangan Pernah Telepon Balik Nomer Tak Dikenal, Ini Alasannya!

Handphone

Jangan Pernah Telepon Balik Nomer Tak Dikenal, Ini Alasannya!

 

Kita semua pernah mengalami hal itu: Anda melihat telepon Anda dan melihat panggilan tidak terjawab dari nomor yang sudah dikenal yang tidak ada dalam kontak Anda. Insting pertama Anda mungkin untuk menelepon kembali dan melihat siapa orang itu, tetapi itu hal terakhir yang harus Anda lakukan.

Anda mungkin menganggap menelepon kembali aman karena nomor kebetulan berasal dari kode area Anda. Apakah itu doktermu? Kepala sekolah anak Anda? Seorang tetangga? Sayangnya, jawabannya mungkin bukan dari mereka, kata Adam Levin, pendiri CyberScout dan penulis Swiped: Cara Melindungi Diri Anda di Dunia Scammers, Phisher, dan Pencuri Identitas. Scammers "mahir menipu nomor telepon untuk keperluan ID penelepon," katanya. Jadi hanya karena nomor membagikan kode area Anda tidak berarti penelepon berasal dari kota Anda. Penjahat sengaja menggunakan kode area yang sudah dikenal untuk mendapatkan kepercayaan Anda.

Anda mungkin mengabaikan nomor dengan kode area yang berbeda, tetapi nomor yang berasal dari kota asal Anda tampaknya lebih cenderung menjadi seseorang yang Anda kenal. "Orang-orang ingin tahu dan mereka mengandalkan itu," kata Levin. "Ini adalah konsep yang menurut orang mungkin telah melewatkan panggilan penting."

Paling tidak, menjawab telepon atau menelepon kembali membuat Anda rentan terhadap penipuan di masa depan, kata Eva Velasquez, CEO dan presiden dari Identity Theft Resource Center. "Ketika Anda menelepon kembali bukan saja Anda memverifikasi nomor tersebut terlampir pada orang sungguhan tetapi Anda juga bersedia melakukan upaya untuk memanggil kembali nomor yang tidak dikenal," katanya. "Ini membuatmu berisiko bagi scammers untuk memanggilmu di waktu yang berbeda dan mencoba untuk menipu kamu dengan cara lain."

Dan yang terburuk? Untuk satu hal, scammers dapat meyakinkan Anda untuk memberikan informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit Anda. Meskipun Anda tidak memberikan informasi pribadi ke saluran lain, panggilan itu dapat membebani Anda dengan uang besar. Angka-angka ini kadang-kadang dihubungkan dengan garis seks yang dibebankan oleh menit-dan bertambah dengan cepat, kata Levin. "Anda membayar $ 17 dan ganti untuk menit pertama, dan $ 9 dan ganti setiap menit setelah itu," katanya.

Secara umum, Anda lebih baik mengabaikan nomor yang tidak dikenal dan melupakannya, kata Velasquez. "Semua berita penting akan ditinggalkan di voicemail Anda," katanya.

Berhati-hatilah meskipun orang tersebut meninggalkan pesan. Seperti halnya scammers dapat berperan sebagai perusahaan kartu kredit ketika Anda menjawab, mereka juga dapat meninggalkan pesan suara yang kedengarannya penting. Jadi, jika bank Anda meninggalkan voicemail, jangan hanya menelepon kembali nomor dari panggilan yang tidak terjawab. Temukan nomor resmi online dan tekan nomor itu, saran Levin. “Jangan pernah percaya — selalu verifikasi,” katanya.

 

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.