Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Awas, Virus MERS-CoV yang Menyerang Jamaah Haji

 

Pada September lalu, seorang jamaah haji dikabarkan meninggal. Penyebab meninggalnya juga diselidiki oleh para peneliti yang akhirnya ditemukan sebuah virus baru. Virus ini tergolong baru dan masuk dalam kategori coronavirus. Apa itu virus coronavirus?

Virus ini segolong dengan virus SARS yang sudah merebak sebelumnya. WHO juga sudah mengumumkan sebanyak 94 orang terinfeksi virus ini dan 45 orang diantaranya meninggal dunia. Oleh WHO virus ini dinamakan Middle East Respiratory Syndrome  Coronavrus (MERS-CoV). Akibat dari serangan virus ini adalah penderita mengalami pneumonia, penyakit pernapasan, batuk dan demam. Sudah 9 negara yang mulai terjangkit virus ini termasuk negara di timur tengah, Inggris, Perancis dan Jerman.

MERS-CoV termasuk keluarga dari SARS. Meskipun begitu beberapa hal genetic membedakan kedua virus ini. MERS-CoV jika sudah menyerang manusia akan membuat gagalnya sistem penapasan 5 hari lebih cepat dari persebaran SARS. Virus ini tidah mudah menular tapi sudah ada kasus penularan virus antar manusia.

Menurut para ahli, virus ini tidak menular melalui kontak fisik tetapi melalui binatang. Pada peneliti dari National Institute for Public Health and the Environment yang diketuai oleh Dr. Chantal Reusken mencoba meneliti beberapa binatang yang diduga menjadi sumber penyebaran. Mereka meneliti unta, kambing dan sapi. Hasilnya, 50 unta dari Oman dan  Saudi Arabia menjadi kasus pertama penyebaran MERS-CoV. Unta-unta tersebut terinfeksi virus serta menghasilkan sel imun terhadap virus.

Virus menyebar antar unta sehingga bisa dikatakan ada usaha binatang tersebut melawan virus. Kasus ini juga terjadi pada 14% populasi unta di Eropa. Hanya saja penularan tetap terjadi baik pada binatang dan manusia. Factor lingkungan di Afrika dan Saudi Arabia juga mempengaruhi cepatnya penyebaran virus ini terhadap manusia.

Centers for Disease Control and Prevention melihat potensi penyebaran virus secara global. Binatang berpotensi menyebarkan virus ini kepada manusia. Para peneliti juga berusaha menemukan sumber infeksi agar bisa menemukan alat prevensi mencegah penyebaran virus yang semakin parah.

 

Video

Studi Virus MERS-CoV

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Virus yang menyerang jamaah haji. Penyakit yang menyerang jamaah haji. Penjelasan mengenai virus mers. Virus yg menyerang jemaah haji. Apakah persebaran virus mers sangat cepat jika sudah menyerang manusia. Definisi virus mers. Pengertian virus mers menurut para ahli.

Virus yang menyerang para haji. Pengertian virus mers. Apa virus yang menyerang jamaah haji. Materi mers cov. Pengetahuan tentang virus mers. Virus/mers artinya. Definisi mers.

Dari mana virus yang menyerang jemaah haji. Dari mana virus bisa menyerang jemaah haji. Virus menyerang jamaah haji. Virus yang menyerang jemaah haji. Pengertian dari virus mers. Proposal tentang penyakit mers.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.