Previous
Next
  • Home
  • »
  • Pacaran
  • » Cara Atasi Pertengkaran Yang Berulang Dengan Pasangan

Pacaran

Cara Atasi Pertengkaran Yang Berulang Dengan Pasangan

 

 

Terapis keluarga, Sheryl Woodhouse mengatakan bahwa jika Anda dan pasangan kerap bertengkar mengenai topik yang sama berulang kali, hal tersebut normal terjadi. Mengapa? Hal tersebut disebabkan karena pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Anda yang cenderung mengabaikan kebutuhan Anda untuk didengarkan. Pengabaian tersebut menyebabkan Anda tidak terbiasa menyampaikan hal yang dianggap penting.

 

Jika Anda mulai merasa lelah bertengkar dengan pasangan mengenai hal yang sama, Anda tidak perlu merasa sendiri sebab hal tersebut juga dialami oleh banyak orang. Namun, hal tersebut tidak lantas menjadi alasan bahwa Anda dan pasangan menyerah dan tidak mengubah kondisi itu. Bisa, kok! Bahkan jangan sampai muncul perasaan tersakiti antara Anda dan pasangan karena kebiasaan tidak mendengarkan satu sama lain. Hal tersebut malah tidak memutus rantai pengabaian yang dibiasakan sejak Anda kecil.
 

Ada setidaknya lima cara menurut Woodhouse yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk mengatasi pertengkaran yang berulang dan bahkan bisa mengubah keadaan relasi. Better try every ways than stands still, isn’t it?

 

1.Kenali Masalah

 

Pahami apa yang menjadi sumber masalah dari pertengkaran Anda. Apakah Anda dan pasangan memiliki pemahaman yang sama atau jangan-jangan Anda dan pasangan punya masalah yang berbeda. Bicarakan kedua pendapat dengan bergantian, dan biarkan pasangan mengungkapkan pemahamannya.
 

2.Temukan Solusi

 

Anda dan pasangan perlu memikirkan bersama, sebenarnya apa yang ingin dicapai dalam hubungan? Apa solusi yang diinginkan kedua belah pihak agar pertengkaran ini tak lagi terjadi apalagi sampai menyakitkan salah satu atau kedua belah pihak.

 

3.Cari bantuan

 

Dengan kondisi saat, apakah Anda dan pasangan mampu menyelesaikan masalah berdua? Atau jika membutuhkan bantuan, bantuan seperti apa yang Anda butuhkan? Tentukan bersama apakah Anda dan pasangan merasa mampu menyelesaikan sendiri atau butuh campur tangan pihak lain?

 

4.Hentikan saling menyalahkan

 

Berhenti saling menyalahkan! Jangan mendominasi hubungan dengan kata "Saya" untuk membela diri, atau menyalahkan pasangan apalagi menyerangnya dengan menekankan kata "Kamu" yang dikaitkan dengan berbagai masalah. Cobalah untuk mendengarkan orang lain, jangan bersikap defensif. Membicarakan masalah Anda dan pasangan lebih mudah jika dilakukan dengan kepala dingin. Sehingga tidak ada salah satu yang mendominasi pembicaraan yang ujung-ujungnya tidak ada yang mau mengalah.

 

5.Tanyakan kebutuhan pasangan


Selain mendengarkan pasangan, tanyakan apakah ada hal lain yang menjadi perhatian dan perlu diungkapkan pasangan. Jangan hanya peduli dengan diri sendiri, tapi cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya dipikirkan pasangan atau apa yang dibutuhkannya dari Anda juga hubungan ini.

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara mengatasi pertengkaran dalam pacaran. Cara mengatasi pertengkaran dengan pacar. Cara menyelesaikan masalah dengan pacar. Cara mengatasi masalah dengan pacar. Cara menghindari pertengkaran dengan pacar. Pertengkaran pacaran. Solusi pertengkaran dalam pacaran.

Atasi pertengkaran. Cara menghindari pertengkaran dengan pasangan. Http://carapedia.com/atasi_pertengkaran_berulang_pasangan_info3808.html. Cara menyelesaikan masalah tentang pacaran. Cara mengatasi masalah dalam berpacaran. Cara mengatasi pertengkaran dalam berpacaran. Mengatasi pertengkaran dengan pacar.

Cara mengatasi masalah dalam pacaran. Pertengkaran dalam pacaran. Cara menghadapi masalah dalam pacaran. Cara menyelesaikan pertengkaran dengan pacar. Cara menghadapi pertengkaran dengan pacar. Pertengkaran dengan pacar.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.