Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » Apa Air Alkali Dan Lebih Baik daripada Air Biasa?

Kesehatan

Apa Air Alkali Dan Lebih Baik daripada Air Biasa?

 

Tidak diragukan lagi bahwa dunia makanan kesehatan penuh dengan tipuan pemasaran dan tren makanan yang menakjubkan (apa pun yang terjadi dengan roti awan?). Tetapi di tengah semua kebisingan, satu aturan kesehatan dicoba-dan-benar: Air baik untuk Anda, dan Anda harus minum lebih banyak.

 

Mungkinkah H2O dengan pH tinggi ini hidup sesuai dengan hype? Saya mendatangi para ahli untuk menjernihkan berbagai hal.


Saatnya pengetahun mendasar: Apa itu air alkali?


Pertama, mari kita kembali ke kelas kimia SMA. Ingat asam dan basa? Kekuatan mereka diukur menggunakan sesuatu yang disebut skala pH. “Skala pH berkisar dari 0 hingga 14, 0 menjadi yang paling asam dan 14 yang paling basa (atau dasar),” jelas Lisa Hayim, R.D., & pendiri The Well Necessities. Tubuh manusia memiliki pH alami sekitar 7,4, dan air biasa memiliki pH sekitar 7-tepat di tengah.


Masukkan air alkali, yang kaya bahan alkalizing seperti kalsium, silika, kalium, magnesium, dan bikarbonat, menjelaskan Amy Shapiro, R.D., pendiri NYC Nutrisi Nyata. Dengan pH sekitar 8 atau 9, air aklalin kurang asam dan lebih mendasar daripada air biasa.


Apakah ada manfaat air alkali yang nyata?


"Teorinya adalah bahwa dengan minum air yang ditingkatkan alkali, Anda dapat menjaga pH Anda dari terlalu rendah dan karena itu terlalu asam," kata Shapiro-membuat air berfungsi sebagai semacam penyeimbang untuk tingkat keasaman tubuh Anda.


Akibatnya, para pendukung mengklaim bahwa Anda akan menikmati manfaat kesehatan dan hidrasi, terutama karena air juga mengandung mineral penting seperti kalsium, kalium, natrium, dan magnesium.


Dan beberapa dari klaim ini memang memiliki kelebihan. Satu studi 2012 menunjukkan bahwa air alkali dengan pH 8,8 dapat menonaktifkan pepsin asam, yang dapat berguna dalam pengobatan penyakit refluks asam, Shapiro menunjukkan.


Namun, ini adalah penelitian in vitro — artinya itu tidak dilakukan pada manusia, hanya dalam cawan petri. Jadi tidak jelas bagaimana efek-efek itu dapat memainkan IRL.


Satu penelitian kecil juga menemukan bahwa minum air alkalin berbasis mineral dapat meningkatkan status hidrasi pada orang dewasa yang sehat lebih dari minum air biasa — dalam jangka pendek. Tetapi ini hanya melihat pada 38 orang, yang sama sekali bukan ukuran sampel yang representatif.


Sebuah studi 2016 pada 100 orang dewasa juga menunjukkan bahwa minum air alkali dapat membantu aliran darah melalui tubuh lebih mudah pasca latihan untuk memberikan oksigen ke otot Anda, kata Shapiro.


Tetapi semua studi ini kecil dan memiliki keterbatasan yang serius - jadi ambillah temuan mereka dengan butiran natrium pemacu asam.


Apakah air alkali sebenarnya enak?


Inilah tangkapannya: Tubuh Anda sudah sangat bagus dalam mengendalikan tingkat pH-nya. “Ini adalah tugas paru-paru, hati, dan ginjal untuk menjaga pH normal dalam tubuh kita,” kata Keri Gans, ahli gizi diet terdaftar di NYC. Jadi minum air mewah untuk "menyeimbangkan" hal-hal adalah tidak berguna karena tubuh yang sehat sudah melakukannya sendiri.


Dan jika Anda meminumnya untuk memperbaiki masalah kesehatan apa pun (seperti refluks asam), tersentak, maaf untuk merusaknya, tetapi mungkin ada penyebab mendasar yang harus Anda tangani dengan dokter sebelum beralih ke air alkali, kata Gans.


Haruskah Anda bahkan minum air alkali?


Gans mengatakan air alkali tidak memiliki manfaat yang terbukti, tetapi tidak selalu buruk bagi kebanyakan orang. Namun, itu tidak sepenuhnya bebas risiko. Air alkali sebenarnya bisa berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit ginjal, catatan Gans.


Dan ada beberapa risiko bahkan untuk orang sehat. "Terlalu banyak air alkali dapat mengurangi jumlah asam lambung di dalam tubuh, yang penting untuk pencernaan dan juga untuk mencegah penyakit tertentu," kata Shapiro.


Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, pergi ke laut di atas air dapat menyebabkan keadaan yang disebut alkalosis, yang memiliki gejala seperti mual, muntah, tremor, kedutan otot, dan kebingungan. "Ini juga dapat menyebabkan kalsium untuk melepaskan dari tulang, yang menyebabkan osteoporosis," kata Shapiro.


Yang paling penting untuk fokus di sini adalah minum lebih banyak air secara umum. "Jika sebotol air mewah membantu Anda melakukan itu, maka satu di sana-sini tidak dapat menyakiti," kata Shapiro.

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.