Previous
Next

Kesehatan

Alat Pernafasan

 

 
 
 
 
Setiap mahluk hidup bernafas dengan cara yang berbeda - beda. Begitu pula dengan alat pernafasan yang digunakan juga berbeda - beda pula. Pada manusia, manusia bernafas dengan cara menghirup zat asam / oksigen dan kemudian menghembuskan / mengeluarkan zat asam arang atau karbond dioksida. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis alat pernafasan manusia beserta fungsinya sehingga kita bisa lebih mengenal alat pernafasan pada manusia.
 
Berikut ini adalah beberapa alat pernafasan:
 
# HIDUNG
 
 
 
 
Pada manusia, hidung merupakan indra yang sangat penting karena berfungsi sebagai indra penciuman. Pada rongga hiudng bagian atas terdapat ujung - ujung saraf pembau. Hal itulah yang menyebabkan rongga hidung bagian atas sangat peka terhadap aneka macam bau - bauan
 
# TENGGOROKAN
 
 
 
 
Tenggorokan merupakan salah satu organ tubuh yang berhubungan dengan pernafasan manusia. Tenggorokan terletak diantara hidung dan paru - paru. Tenggorokan berfungsi sebagai penghubung antara hidung dan paru - paru, sehingga tenggorokan sangat rentan terkena berbabai macam infeksi.
 
# PARU - PARU
 
 
 
 
Paru - paru merupakan organ pernafasan yang paling umum dikenal. Dalam keadaan normal, paru - paru akan berwarna merah mudah dan seperti berbusa. Paru - paru terdiri atas jaringan, udara, dan darah.
 
# TRAKEA
 
 
 
 
Trakea berfungsi sebagai saluran udara pernafasan menuju ke alveolus. Trakea merupakan organ tunggal di tengah yang memiliki panjang rata- rata pada orang dewasa 11 cm. 
 
# LARING
 
 
 
 
Laring disebut juga dengan kotak suara. Letak laring terdapat pada atas trakea. Lariang juga merupakan bagian khusus dari trakea. Laring terbentuk dari tulang hioid dan kartilago tiroid, krikoid serta aritenoid
 
# BRONCHUS
 
 
 
 
Bronchus adalah percabangan yang terdapat pada ujung batang tenggorok/trakea. Struktur penyusun bronchus terdiri dari jaringan ikat, jaringan otot polos, dan jaringan tulang rawan. Bronchus yang menuju ke paru - paru sebelah kiri bentuknya lebih mendatar. Sedangkan bronchus yang menuju ke paru - paru sebelah kanan berbentuk lebih curam
 
# BRONCHIOLUS
 
 
 
 
Bronchiolus berfungsi sebagai saluran udara pernafasan dari bronchus menuju ke gelembung - gelembung alveolus. Struktur dari bronchiolus hampir mirip dengan struktur yang menyusun bronchus tapi epitelium bersilianya mengalami modifikasi menjadi sisik.
 
# RONGGA HIDUNG
 
 
 
 
Rongga hidung disebut juga dengan kavum nasi. Rongga hidung dibagi menjadi 2 bagian, kanan dan kiri di garis median oleh spetum nasi yang sekaligus menjadi dinding medial dari rongga hidung. Rongga hidung langsung berhubungan dengan udara yang tidak bersih. Oleh karena itu, rongga hidung dilengkapi dengan cilia/bulu - bulu halus hidung yang berfungsi untuk menyaring kotoran supaya tidak ikut mengalir ke paru - paru.
 
# ALVEOLUS
 
 
 
 
Alveolus mempunyai struktur seperti sarang lebah. Di alveolus inilah terjadi pertukaran gas antara udara dan darah. Luas permukaan alveolus pada orang dewasa bisa mencapai antara 97 sampai 194 m2. 

Video

Video sistem pernafasan pada manusia

Dalam video ini akan diperlihatkan sistem pernafasan pada manusia

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Jaringan penyusun alveolus. Alat pernapasan pada manusia. Jaringan penyusun tenggorokan. Alat pernapasan manusia. Tenggorokan berfungsi untuk. Letak trakea. Letak alveolus.

Gambar alveolus. Tenggorokan. Tenggorokan berfungsi sebagai. Manusia bernapas menghirup zat. Gambar alat pernapasan pada manusia. Http://carapedia.com/alat_pernafasan_info2370.html. Gambar trakea.

Gambar tenggorokan. Jaringan penyusun organ pernapasan. Https://carapedia.com/alat_pernafasan_info2370.html. Alat pernafasan manusia. Pernapasan manusia. Fungsi trakea.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
19 Dec 2013 07:57
mia hasbunallah
lebih lengkap lagi dong penjelesannya mulai dari awal hingga akhirn
19 Dec 2013 07:57
mia hasbunallah
lebih lengkap lagi dong penjelesannya mulai dari awal hingga akhirn