Previous
Next

Kesehatan

Trik Agar Lebih segar Saat Bangun Pagi

Tahukah anda kalau mood yang anda rasakan sejak bangun tidur akan mempengaruhi mood anda seharian? Misalkan, anda bangun karena bunyi alarm yang sudah anda snooze berulang-ulang dan ternyata anda sudah sangat terlambat maka anda akan bangun dengan terpaksa dan tergesa-gesa. Mood anda yang jelek saat bangun pagi ini akan mempengaruhi emosi anda seharian dan membuat anda menjadi lebih sering marah.

Oleh karena itu, jika anda tidak mau mood anda jelek dan mudah marah anda harus selalu bangun pagi dengan keadaan yang senang dan tidak terburu-buru. Nah, sebenarnya ada beberapa hal mudah yang bisa anda lakukan setelah bangun pagi untuk membuat bangun pagi anda lebih segar dan mempunyai mood yang bagus. Ini dia beberapa trik yang bisa anda coba:

 

  1. Peregangan

Setelah anda benar-benar bangun lakukan peregangan ringan seperti gerakan yoga atau sekedar memutar tubuh anda ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini akan membantu tubuh anda mengumpulkan dan energy dan membuat pikiran anda lebih fokus. Dengan melakukan peregangan ringan ini rasa melayang di kepa yang terjadi akibat bangun terlalu pagipun akan lenyap.

  1. Bergerak

Setelah itu, jika anda sudah mampu bangun dari tempat tidur, lakukan beberapa gerakan untuk melancarkan peredaran darah. Misalnya anda bisa melakukan crunch yaitu berbaring dengan lutut bertekuk lalu mengangkat kepala, leher dan pundak. Atau bisa juga push up dan melompat-lompat ringan untuk membuat anda bersemangat.

  1. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi kafein

Jika selama ini anda terbiasa untuk meminum kopi setiap pagi agar bersemangat sepanjang hari, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi lebih dari 2 cangkir setiap harinya. Karena beberapa riset menunjukan terlalu banyak mengkonsumsi kafein ternyata akan merusak organ tubuh.

  1. Minum air putih

Ternyata ketika anda tidur, tubuh menggunakan simpanan air yang terkandung di dalam tubuh anda sehingga menyebabkan anda kehilangan banyak cairan saat bangun. Oleh sebab itu sebaiknya minum air putih sebelum tidur dan rehidrasi tubuh anda dengan beberapa gelas air putih saat anda bangun. Hal ini perlu anda lakukan karena tidak hanya menyegarkan tubuh, air putih yang anda konsumsi juga dapat membantu menstimulasi sistem saraf dan pencernaan anda.

  1. Buat jadwal yang teratur

Tahukah anda, ternyata tubuh menyukai konsistensi. Mengikuti jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari akan membuat tubuh anda lebih mudah terbangun pada pagi hari dan andapun anda merasa sangat bertenaga sepanjang hari.

  1. Pilih alarm dengan music yang lembut

Anda tentu tidak suka terbangun karena bunyi weker yang memekakkan telinga. Karena selain mengagetkan, bunyi ini juga meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Oleh sebab itu, pilihlah ringtone alarm yang mengeluarkan music lembut sehingga akan membangunkan anda secara perlahan. Bila perlu, letakkan ponsel sedikit lebih jauh sehingga anda harus bangun untuk mematikannya.

  1. Redupkan cahaya

Biasakan untuk mematikan Televisi atau Komputer dan laptop anda sebelim tidur, karena cahaya yang terang bisa mengalihkan perhatian anda sehingga otak akan lebih sulit untuk beristirahat. Padahal bila anda bisa membangun suasana tidur yang lebih tenang maka anda akan tidur lebih lelap dan tubuh akan menyesuaikan diri untuk bangun lebih awal.

  1. Segera mandi

Tahu kah anda, bahwa hal yang paling sulit dilakukan setelah bangun tidur adalah mandi? Namun ternyata disitulah kuncinya, karena dengan mandi air dingin setelah bangun tidur akan membangunkan sistem syaraf anda dan membantu menyadarkan anda. Usai mandi, biasanya sudah tidak ada lagi rasa mengantuk dan malas karena pikiran dan tubuh anda sudah benar-benar “bangun”.

  1. Sarapan

Setelah “berpuasa” sepanjang malam, tubuh memerlikan energy untuk bergerak, oleh sebab itu sarapan setiap pagi walaupun hanya dengan setangkup roti atau buah-buahan akan membuat anda merasa lebih siap menghadapi aktivitas seharian.

  1. Bernafas dalam-dalam

Bagi sebagian orang, bangun pagi bisa menjadi momen paling mencemaskan. Bayangan mengenai apa yang harus dihadapi di kantor atau bagaimana mengatasi problema dengan pasangan akan segera memenuhi pikiran. Maka dari itu setelah anda bangun, ambil waktu untuk bernafas dalam-dalam untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Awali hari anda dengan tenang agar segala aktivitas sesuai dengan mood baik anda.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara menyegarkan badan. Http://carapedia.com/trik_lebih_segar_saat_bangun_pagi_info3303.html. Tips agar bangun pagi segar. Tips bangun pagi segar. Cara bangun pagi segar. Tips bangun pagi dengan segar. Manfaat push up setiap pagi.

Cara agar bangun pagi segar. Agar bangun tidur segar. Supaya bangun tidur segar. Cara agar segar saat bangun pagi. Agar badan segar saat bangun tidur. Manfaat push up setelah bangun tidur. Cara bangun pagi dengan segar.

Push up setelah bangun tidur. Tips supaya bangun pagi segar. Bangun tidur segar. Menyegarkan badan. Cara agar bangun tidur segar. Cara agar fresh dan tidak ngantuk.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
20 Jan 2014 07:39
herman siregar
Tq untuk infonya. Amalan baik...