Previous
Next

Resep Kue

Tips Membuat Selai Nanas yang Juicy untuk Kue Nastar Lebaran

 

Membuat kue nastar untuk menu lebaran, biasanya Anda juga akan mempersiapkan selai buah-buahan untuk isinya. Nah, selai nanas adalah selai yang lebih banyak digunakan karena banyak disuka. Selai nanas ini memiliki rasa yang renyah, legit dan segar. Namun untuk menghasilkan selai nanas yang enak juga harus melalui proses pembuatan yang benar.

Membuat selai nanas yang enak perlu dipertimbangkan bahan buah nanas yang bagus, yaitu yang manis dengan tidak terlalu banyak mengandung air. Anda bisa memilih jenis nanas Bogor, nanas madu atau nanas lembang dan nanas blitar. Sebaiknya tidak memilih nanas subang karena teksturnya lebih lembek dan mengandung banyak air.

Setelah nanas dibersihkan dari kulit dan matanya sampai bersih, balurkan garam pada seluruh permukaan dan diamkan sejenak. Garam ini fungsinya untuk menghilangkan getah nanas yang masih tertinggal sehingga tidak gatal di mulut saat dimakan.

Lalu parut nanas dengan parutan kelapa, lakukan arah parutan yang memanjang. Dengan teknik ini akan dihasilkan nanas yang terserut kasar serta hasil selainya bisa terasa renyah. Jika Anda menggunakan blender, hasilnya akan terlalu halus dan terlalu berair seperti bubur.

Kemudian masak selai nanas dalam waktu yang lebih lama, tekstur selai nanas hasil blender jika dimasak terlalu lama akan mudah hangus, maka lebih aman jika nanas diparut saja. Selain itu nanas yang terlalu halus justru akan membuat kue nastar menjadi keras, terpsah dari adonan mirip seperti permen nanas.

Takaran gula pasir perlu disesuaikan dengan jumlah nanasnya. Memasukkan gula pasir paling pas adalah ketika air nanas sudah habis dan mulai kering, sehingga gula tidak menjadi gosong dan selai menjadi keras teksturnya.

Saatnya mengisi nastar dengan selai nanas yang sudah matang. Sebelum diiskan, bentuk bola-bola selai nanas degan ukuran sama agar prosesnya lebih cepat. Untuk sisa selai nanas bisa disimpan di dalam lemari es dengan wadah yang tertutup rapat.

Video

Cara Membuat Selai Nanas

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.