Previous
Next

Kesehatan

Cara Pencegahan Penyakit

 

 
 
 
 
Di era sekarang ini, jumlah penyakit semakin bertambah dengan berbagai macam pencetus yang semakin beragam pula. Bila pada jaman nenek moyang kita dahulu jumlah penyakit masih sangat sedikit dan cukup diobati dengan aneka ramuan tradisional, maka hal tersebut sudah sangat berbeda saat ini. Tingkat pencemaran dan polusi yang tinggi serta meningkatnya penggunaan bahan kimia dalam aneka produk konsumsi mejadi faktor utama penyebab semakin beragamnya jenis penyakit. Tentu kita tidak bisa membuat / memproduksi segala hal yang kita perlukan karena akan berdampak pada ekonomi biaya tinggi. Oleh karena itu, yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mencegah, menghindari, serta meminimalkan paparan polusi serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia.
 
Bagi kita yang tinggal di pedesaan, kita layak bersyukur karena masih tinggal di lingkungan yang asri. Lain halnya bila kita tinggal di kota besar yang dikelilingi dengan pabrik - pabrik besar yangs setiap saat mengeluarkan polutan berbahaya, tentu harus lebih berhati - hati. Tidak mengherankan bila beberapa LSM pecinta lingkungan menuntut pemerintah untuk menyediakan ruang hijau sebagai paru-paru kota. Apalagi kota seperti Jakarta yang sudah sangat padat jumlah penduduknya serta dipenuhi dengan aneka industri dari mulai industri kelas rumahan sampai kelas dunia tentu dibutuhkan langkah penanganan yang tepat untuk menenkan jumlah polusi serta mengurangi jumlah penduduk yang terkena beraneka ragam penyakit.
 
Berikut ini adalah beberapa langkah cara pencegahan penyakit:
  • Selalu menjaga kebersihan diri. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam pencegahan penyakit. Menjaga kebersihan diri bisa dilakukan dengan cara mandi minimal 2x sehari dengan menggunakan sabun dan air bersih. Mencuci rambut minimal 2 hari sekali juga merupakan langkah yang tepat dalam menjaga kebersihan diri. Selain itu, menjaga kuku tangan selalu pendek juga merupakan langkah yang tepat karena bisa menghindari kuman bersarang di dalma kuku yang panjang dan tidak terawat 
  • Menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan tempat tinggal kita merupakan area yang sangat rawan dalam penularan berbagai macam penyakit. Bila kita tinggal di lingkungan yang kotor serta sistem sanitasi yang buruk, sudah bisa dipastikan bahwa kita menjadi rentan tertular berbagai macam penyakit. Langkah konkrit dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak buang air besar dan kecil di sembarang tempat, menjaga kualitas air yang digunakan untuk mandi, memasak, dan mencuci.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi tidak harus selalu makanan yang mahal. Yang penting makanan tersebut mengandung gizi serta vitamin yang baik bagi tubuh kita. Penyakit akan gampang sekali menular pada tubuh yang kurang fit dan memiliki imunitas yang rendah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, tubuh kita menjadi sehat dan kuat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.
  • Imunisasi. Walaupun pendapat masyarakat Indonesia mengenai imunisasi sampai saat ini masih terbelah menjadi 2, antara yang pro dan kontra dengan imunisasi, namun dari sudut pandang ilmu kedokteran, imunisasi merupakan langkah yang tepat dalam pencegahan penyakit terutama penyakit - penyakit yang berbahaya dan sifatnya fatal bagi kesehatan manusia.
  • Menghindari lingkungan yang menjadi endemi suatu penyakit. Sebisa mungkin kita menghindari untuk tinggal di wilayah yang menjadi endemi bagi penyakit, terlebih bila penyakit tersebut telah ditetapkan sebagai wilayah dengan KLB (kasus luar biasa) suatu penyakit. Namun bila hal ini tidak memungkinkan, maka langkah tepat yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan secara ekstra ketat. Dalam beberapa kasus tertentu, seperti KLB penyakit kaki gajah, maka pemerintah akan turun tangan dengan cara memberikan obat-obatan kepada masyarakat untuk dikonsumsi
  • Memeriksakan kesehatan secara rutin. Ini sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah pencegahan penyakit. Semakin dini suatu penyakit bisa diketahui, maka akan semakin mudah proses penyembuhannya. 

Video

Video tentang kebiasaan pola hidup sehat

Dalam video ini akan diperlihatkan kebiasaan pola hidup sehat yang bisa diajarkan sejak usia dini

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara mencegah penyakit. Cara menghindari penyakit. Cara pencegahan penyakit. Usaha pencegahan penyakit. Cara mencegah sakit. Cara untuk menghindari penyakit. Upaya pencegahan penyakit.

Cara menghindari terjadinya penyakit. Langkah langkah untuk menghindarkan diri dari penyakit. Cara mencegah terjadinya suatu penyakit. Cara cara menghindari penyakit. Http://carapedia.com/pencegahan_penyakit_info2315.html. Cara cara mencegah penyakit. Langkah konkrit dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Cara cara untuk menghindari penyakit. Usaha usaha pencegahan penyakit. Https://carapedia.com/pencegahan_penyakit_info2315.html. Sebutkan langkah langkah untuk menghindarkan diri dari penyakit. Usaha menghindari penyakit. Cara mencegah terjadinya penyakit.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
10 Nov 2013 22:49
go bong
<a href="http://carapencegahan.blogspot.com/2013/06/makalah-tentang-hiv-aids.html" rel="dofollow">Blogger &amp; Makalah Tentang HiV</a>
10 Nov 2013 22:47
gobloeg
n<a href="http://carapencegahan.blogspot.com/2013/06/makalah-tentang-hiv-aids.html" rel="dofollow">Blogger &amp; Makalah Tentang HiV</a>n