Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Cara Mengusir Stress Menjelang Pernikahan

 

Pernikahan menjadi salah satu momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang. Tak jarang, pernikahan juga menjadi sebuah titik balik bagi kehidupan anda. Dan puncak dari pernikahan yang memerlukan persiapan matang adalah pesta pernikahannya sendiri. Untuk menyempurnakan hal tersebut berbagai cara akan dilakukan, seperti mengurusi tempat pernikahan, gaun pengantin, konsumsi, suvenir, undangan, dan lain sebagainya. Berbagai keperluan tersebut bila dikerjakan sendiri oleh calon pengantin tentunya akan membuatnya stres. Stres yang terjadi jelang pernikahan akan membuat kondisi badan menurun atau berat badan malah akan naik. Jika hal tersebut terjadi, maka akan membuat calon pengantin bertambah resah karena takut gaun pengantinnya kebesaran atau kekecilan. Stres jelang pernikahan sebisa mungkin harus dihindari. Namun bila sudah terlanjur stres, sebaiknya simak beberapa cara berikut ini:

 

  • Meditasi

Meditasi dilakukan tidak hanya untuk mereka yang sering berlatih yoga, namun bisa juga dilakukan untuk menghilangkan stres apalagi jelang pernikahan. Bila Anda sudah mulai stres mengurusi berbagai keperluan pernikahan, maka bermeditasilah. Pilih waktu pagi atau menjelang tidur untuk meditasi selama 5-10 menit. Dengan rutin melakukan meditasi ternyata bisa membuat pikiran lebih jernih dalam mengambil keputusan.

  • Memanjakan diri sendiri

Memanjakan diri merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres jelang pernikahan. Anda bisa pergi ke tempat spa. salon, atau tempat pemijatan untuk relaksasi sebentar. Memanjakan diri ke tempat seperti itu tentunya akan membuat keadaan tubuh kembali bugar dan pikiran pun akan kembali jernih. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa sel darah putih akan meningkat hingga taraf normal usai dipijat.

  • Berjemur pada pagi hari

Manfaat berjemur pada pagi hari selain untuk memperbaiki kulit juga bisa membuat pikiran menjadi jernih kembali. Berbagai penelitian membuktikan bahwa sinar terang akan membangkitkan mood Anda dengan sendirinya. Sedangkan, cahaya redup akan menaikkan hormon penyebab stres dan membuat Anda mudah marah. Untuk itu, alangkah baiknya untuk keluar rumah sebentar dan menyinari tubuh Anda dengan matahari pada pagi hari.

  • Karaoke bersama teman

Untuk menghilangkan stres jelang pernikahan, Anda juga bisa hang out bersama teman-teman untuk pergi ke tempat karaoke. Pilih lagu yang riang gembira agar membuat suasana hati dan pikiran Anda senang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa menyanyi dan mendengarkan musik dapat mengurangi aktivitas pada salah satu bagian otak sehingga menginstrusikan kelenjar hipofisis dan endokrin untuk menghasilkan hormon stres yang lebih sedikit.

  • Mengkonsumsi cokelat

Ada cara mudah untuk menghilangkan stres jelang pernikahan yaitu dengan memakan cokelat. Pilihlah dark chocolate yang memiliki kandungan cocoa yang banyak dan hanya mengandung sedikit gula dan lemak. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research menunjukkan bahwa mengonsumsi 42 gram cokelat dalam sehari dapat menurunkan kadar hormon cortisol. Namun, tetap diperhatikan juga agar tidak memakan cokelat berlebihan karena bisa membuat berat badan Anda malah naik pada saat hari pernikahan nanti.
 

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Stres menjelang pernikahan. Stress menjelang pernikahan. Cara mengatasi stres menjelang pernikahan. Cara mengatasi stres jelang pernikahan. Stress menjelang menikah. Menghadapi pernikahan. Cara menghadapi pernikahan.

Mengatasi stres menjelang pernikahan. Cara menyikapi pernikahan agar tidak stress. Stres menghadapi pernikahan. Stress sebelum menikah. Cara menghindari stress jelang pernikahan. Menghilangkan stress menjelang pernikahan. Cara menghilangkan setres sebelum hari pernikahan.

Atasi stres jelang pernikahan. Cara agar tidak stres menjelang pernikahan. Tips agar tidak stress menjelang pernikahan. Penyebab stres menjelang pernikahan. Stres menjelang menikah. Mengurangi stres nenjelang pernikahan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.