Previous
Next

Kesehatan

Cara Menghindari Bau Mulut Saat Berpuasa

 

 

Memasuki bulan Ramadhan ini, anda pasti ingin menyelesaikan sebulan penuh puasa tanpa “bolong” seharipun. Namun saat anda berpuasa banyak sekali halangan dan cobaan yang semakin membuat and harus bersabar saat berpuasa. Mulai dari bangun pagi-pagi untuk sahur, menahan rasa haus dan lapar seharian hingga masalah bau mulut yang kadang muncul selama anda tidak memakan dan meminum apapun juga. Masalah bau mulut sendiri, sekalipun terdengar sepele tapi faktanya sangat mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan apalagi ditengah-tengah teman disekitar anda.

Mungkin sbegian dari anda bertanya-tanya mengapa bisa timbul bau mulut disaat anda berpuasa? Jawabannya secara ilmiah adalah karena saat anda berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan saluran pencernaan berkurang sehingga mulut menjadi lebih kering. Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya halitosis atau bau mulut.

Tidak berhenti sampai disitu saja, bau mulut juga dapat disebabkan oleh penyakit sistemis seperti liver, lambung, saluran pernafasan dan ginjal akut. Dan tentu saja bau mulut akan muncul bila anda menderita berbagai masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, radang gusi, gingivitis kareja karang gigi dan periodontitis.

Namun sebenarnya anda tidak perlu merisaukan bau mulut anda bila bau itu hanya muncul karena alasan pertama, yaitu saat anda berpuasa. Simak beberapa tips berikut ini yang dapat membantu anda mengatasi masalah bau mulut yang muncul selama anda berpuasa.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi dan lidah secara benar. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi anda dengan benang gigi dan bila perlu anda memakai obat kumur. Tapi untuk pemakaian obat kumur, pilihlah yang kandungan alkoholnya di bawah 25% karena untuk obat kumur dengan kandungan di atas 25% akan memicu resiku kanker rongga mulut.
  2. Biasakan untuk memeriksakan gigi anda ke dokter gigi minimal enam bulan sekali, bila ada waktu lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.
  3. Hindari rokok dan alcohol karena akan berakibat memperburuk status kebersihan gigi dan memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Selain itu juga, alcohol akan mengurangi air liur anda dan memperparah bau mulut.
  4. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Selain itu, anda juga dapat memperbanyak konsumsi teh hijau yang mengandung catechin untuk membantu anda menghilangkan plak, menurunkan kadar gula dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Usahakan untuk meminum 2-5 cangkir teh hijau setiap harinya.
  5. Anda juga dapat memakan keju yang rendah karbohidrat tapi tinggi kalsium dan mengandung fosfat sehingga dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  6. Perbanyak konsumsi air putih saat berbuka dan sahur
  7. Asupan makanan probiotik seperti yogurt dapat dipilih untuk memelihara pencernaan dan menghambat bau mulut.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/menghindari_bau_mulut_saat_berpuasa_info3099.html. Cara mengurangi air liur saat puasa. Mengurangi air ludah saat puasa. Cara menghilangkan ludah saat puasa. Menghilangkan air liur saat puasa. Cara mengurangi air ludah saat puasa. Bagaimana caranya menahan air liur saat bulan puasa.

Cara menghilangkan air liur saat berpuasa. Cara mengurangi ludah saat puasa. Cara menahan ludah. Cara menahan air liur waktu bln puasa. Mengurangi ludah saat puasa. Tips menghilangkn ludah saat puasa. Tips cara mengurangi air ludah disaat puasa.

Cara menghilangkan air ludah saat puasa. Cara menahan air liur saat puasa. Cara menghilangkan air liur saat puasa. Cara menghindari air liur disaat puasa. Mengurangi ludah saat puassa. Cara mengurangi air ludah saat berpuasa.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.