Previous
Next
  • Home
  • »
  • Umum
  • » Mengemudi Perlu Istirahat 2 Jam Sekali

Umum

Mengemudi Perlu Istirahat 2 Jam Sekali

 

Melakukan perjalanan jauh tentu perlu banyak energi  agar selama diperjalanan tidak cepat mengantuk. Untuk mengisi kembali energi yang hilang seseorang perlu beristirahat.

Normalnya energi manusia hanya mampu mengemudi selama 2 – 4 jam terus menerus. Sehingga disarankan pengemudi perlu mengistirahatkan tubuh mereka setiap dua jam sekali setelah menyetir. Kondisi tubuh setelah dua jam melakukan aktivitas terutama menyetir akan menurun. Biasanya orang akan cepat merasa mengantuk atau badan sudah terasa kaku.

Memang jika dilanjutkan menyetir selama empat jam perlu melihat keadaan sekitar. Apakah saat itu siang atau malam hari. Jika siang hari hal ini bukan menjadi masalah besar menyetir sampai empat jam. Namun jika malam hari kondisi tubuh manusia perlu istirahat sehingga harus diperhatikan durasi saat menyetir tersebut agar tubuh diberi kesempatan untuk mengembalikan energi.

Dalam sebuah penelitian sudah dibuktikan bahwa faktor kelelahan adalah risiko terbesar kecelakaan lalu lintas. Rasa lelah akan membuat reaksi manusia terhadap  sekitar menurun. Padahal menyetir perlu konsentrasi dan kemampuan reaksi cepat mengenali keadaan jalan dan sekitar. Jika dalam tubuh normal, reaksi orang itu satu detik namun jika lelah bisa lebih dari itu.

Nah, bagaimana bisa berhubungan dengan kecelakaan? Hal ini tentunya berhubungan dengan kecepatan seseorang mengemudi kendaraan. Dalam kecepatan 60 km/jam, daya reaksi satu detik bisa mencapai  jarak pandang 16 meter. Sedangkan jika dalam kondisi mengantuk dengan menyetir pada kecepatan tersebut justru daya reaksinya akan menurun dan jarak pandang pendek.

Keterlambatan reaksi inilah yang berbahaya bagi diri Anda dan orang lain. Jangan abaikan rasa lelah dan ngantuk saat perjalanan jauh. Ada baiknya Anda selalu mengecek kondisi Anda dengan berhenti di suatu tempat untuk beristirahat sejenak.

Video

Ngantuk Saat Mengemudi, Berbahaya

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Berapa jam sekali istirahat berkendara mobil jarak jauh. Berapa jam orang menyetir kemudian istirahat. Brapa jam mobil harus istirahat. Setelah berapa km harus istirahat menyetir. Berapa lama mobil harus istrirahat. Pengemudi butuh istirahat berapa jam. Berapa jam mengemudi malam.

Pengemudi berapa jam istrirahat. Tiap berapa km pengemudi mobil tua wajib istirahat. Berapa lama mobil harus istirahat dlm perjalaban. Kendaraan perlu istirahat berapa jam. Saat berkendara mobil istirahat tiap berapa km. Setiap berapa jam istirahat menyetir jarak jauh. Kapan istirahat setelah mengemudi.

Berapa jam istirahat saat perjalanan. Setiap berapa jam mobil istirahat. Setiap brapa jam sekali istirahat menyopir. Durasi istirahat mengemudi jarak jauh. Kapan mobil harus istirahat. Setiap brp km hrz istrhat di saat mengemudi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.