Previous
Next

Cara Dasar Memasak

Jika Anda Suka Quinoa, Anda Perlu Mencoba Amaranth Inilah Alasannya

 

Bayam sangat unik karena memiliki dua bagian yang rasanya enak: daun dan biji. Saat orang mengatakan "bayam", yang mereka maksud adalah biji, yaitu pinpricks kecil yang terlihat seperti butiran kecil. Dimasak, bijinya memiliki rasa gurih bersahaja, pedas, dan gurih. Mereka dapat digunakan dengan banyak cara seperti quinoa, farro, atau nasi, tetapi ada berbagai jenis kebiasaan yang membedakan bahan ini. Keunikan inilah yang membuat bayam bersinar dengan sederhana — dan yang membuatnya layak mendapat tempat di dapur Anda. Inilah yang harus Anda ketahui sebelum memasukkannya ke dalam pola makan sehat Anda.

Apa Itu Amaranth dan Seperti Apa Rasanya?

Pertama, bayam secara teknis bukanlah sebutir biji-bijian. Seperti quinoa, bayam adalah sereal semu. Karena ini bukan biji-bijian, tidak mengandung gluten. Hal ini membuat bayam menjadi pilihan bagi orang yang mencari bahan seperti biji-bijian yang dapat menghasilkan, katakanlah, barley atau beri gandum.

Tapi bayam berbeda. Saat dimasak, butiran berukuran kecil dan saling menempel, mampu membentuk konsistensi seperti bubur. Anda dapat meredam konsistensi ini dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit air ke dalam panci Anda. Bayam yang lebih berkuah mungkin lebih baik di bawah protein, seperti steak atau ayam panggang. Bayam kering lebih mirip seperti millet atau sahabat karib beras.

Di Amerika, bayam telah ditanam selama ribuan tahun. Itu adalah makanan pokok di Mesoamerika kuno di antara peradaban seperti Aztec. Saat ini, bayam adalah tanaman yang tidak hanya berpotensi untuk meningkatkan kualitas masakan Anda, tetapi juga untuk memberi makan dunia. Ia dapat mentolerir kekeringan dan tumbuh di banyak daerah — berkah dan kutukan, karena bayam menyebar dengan sangat baik sehingga di beberapa tempat terlihat sebagai gulma.

Keberhasilan awal bayam sebagai tanaman masuk akal mengingat kandungan nutrisinya. Untuk non-sereal, ia mengemas sejumlah besar protein — kandungannya berkisar dari 14 persen hingga 15 persen dan lebih tinggi daripada soba dan gandum hitam. Bayam juga memiliki fitokimia dan tinggi magnesium, mangan, dan fosfor. Seperempat cangkir bayam mentah mengandung 200 kalori, 37 gram karbohidrat, 6 gram serat makanan, dan 7 gram protein.

Secara tekstur, biji bayam mengeluarkan sedikit semburan saat Anda menggigit. Dalam hal rasa, mereka memiliki sesuatu di luar kesederhanaan dan roti panggang, sesuatu yang hampir seperti selai kacang.

Apa Cara Terbaik Memasak dengan Amaranth?

Penggunaan bayam beragam. Meskipun bukan biji-bijian, ia memiliki keserbagunaan yang serupa. Jika mau, Anda bahkan bisa memasaknya dengan banyak air, mengaduk mentega dan keju, dan memperlakukannya seperti polenta.

Bagaimana cara memasak biji bayam? Rebus seperti nasi atau quinoa. Beberapa instruksi paket meminta dua bagian (atau lebih) air untuk setiap satu bagian biji-bijian, tetapi Anda mungkin perlu menaikkan air hingga mendekati tiga bagian.

Anda dapat menemukan bayam di toko bahan makanan yang menjual lebih banyak bahan khusus. Sayuran bayam terbukti lebih sulit ditemukan. Untungnya, mereka tidak jarang berada di pasar petani, sebagian karena kecintaan mereka terhadap penyebaran liar.

Amaranth Greens

Sayuran hijau ini menyenangkan, seperti brokoli rabe tanpa rasa pahit. Mereka mengemas kedalaman hijau yang kaya, seperti bayam. Tapi perhatikan: Anda mungkin ingin memasaknya. Jika Anda ingin mencoba salad bayam hijau, perlakukan mereka seperti Anda akan kangkung, artinya pukul mereka lebih awal dengan keasaman (jus jeruk, cuka, atau vinaigrette) sehingga melunak. Jika mentah, cari daun yang lebih muda dan lebih empuk.

Tetapi jika Anda pernah memasaknya, tidak memasaknya mungkin sulit. Mereka berkembang dengan sedikit lemak dan panas. Tumis sayuran dengan bawang putih dan minyak zaitun. Mungkin tambahkan air untuk membantu batang tipis melunak. Setelah selesai, mereka membuat tim yang hebat. Dan percaya atau tidak, mereka membuat sandwich hijau yang sangat enak. Koki Amerika belum sepenuhnya menyukai bayam, artinya kita harus banyak belajar. Anda tidak pernah tahu kegunaan baru apa yang akan Anda temukan.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.