Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Berapa Banyak Lautan yang Ada di Dunia?

 

 

Jawabannya tidak semudah yang Anda yakini oleh guru geografi SMA Anda.

Berapa banyak lautan yang ada di dunia, Anda bertanya?

(A) 1

(B) 4

(C) 5

(D) semua hal di atas

Jawabannya adalah ... D.


Jadi selamat! Karena secara teknis, Anda tidak mungkin salah menjawab bahkan jika Anda mencoba. Anda tahu, hanya ada satu lautan global di planet ini. Ini mencakup 71 persen dari permukaan bumi. Sisa Bumi diambil oleh pulau-pulau yang relatif kecil (alias benua) yang dikenal sebagai Afrika, Antartika, Asia, Australia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Secara historis, lautan global yang luas ini dibagi menjadi empat samudera kecil berikut:

1. Atlantik

2. Pasifik

3. Indian

4. Arktik

Dari jumlah tersebut, tiga yang pertama dianggap sebagai samudera "utama", dan Arktik dianggap sebagai lautan yang "lebih rendah". Tetapi dalam menghitung berapa banyak lautan, tidak ada yang benar-benar meninggalkan Arktik darinya. Selain itu, apakah besar atau tidak, keempatnya termasuk dalam badan air global yang luas yang mewakili 97 persen pasokan air Bumi (hanya 1 persen air bumi adalah air tawar).
Jadi dari mana datangnya samudra kelima? Pada pergantian milenium baru, Organisasi Hidrografi Internasional mengusulkan agar lautan baru diakui: Samudra Selatan, yang sekarang diakui oleh Dewan AS tentang Nama-nama Geografis yang membentang dari pantai Antartika ke garis lintang pada 60 derajat Selatan.

Dan dapatkan ini: Samudra Selatan bahkan bukan yang terkecil dari lima samudera yang membentuk “samudera dunia.” Perbedaan itu jatuh ke Kutub Utara.

Berikut beberapa fakta samudera yang mungkin mengejutkan Anda:

- Lautan terdalam (35.837 kaki) dan lautan terbesar adalah Pasifik.

- Lautan terdingin adalah bagian Selatan, berkisar antara 28 ° hingga 50º F.

- Lautan pertama yang dilintasi oleh kapal dan pesawat adalah Atlantik.

- Lautan yang paling misterius adalah Arktik, karena cakupan esnya yang luas dan iklim yang tidak ramah (suhu udara bisa mencapai -60º F). Berbicara tentang samudera misterius, berikut adalah 14 misteri samudra yang tidak bisa dijelaskan para ilmuwan.

- Lautan terhangat adalah India, dan ini membatasi kemampuannya untuk mempertahankan kehidupan laut (karena suhu tinggi menghambat pertumbuhan fitoplankton, yang merupakan sumber makanan utama bagi kehidupan laut). Alasan lain kurangnya kehidupan laut di Samudra Hindia adalah kandungan oksigennya yang rendah.

 

 

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.