Previous
Next
  • Home
  • »
  • Ekonomi
  • » Begini Caranya Pekerja Pemula Menabung

Ekonomi

Begini Caranya Pekerja Pemula Menabung

 

Mengelola uang memang kadang membuat pusing kepala. Dengan banyak tanggung jawab, peran di keluarga dan sosial membuat seseorang harus bisa menyeimbangkan pengeluaran dari pendapatan mereka. Bagi orang yang sudah mapan dan berpengalaman tentu tidak masalah.

Bagi pekerja yang masih berusia muda dan belum banyak pengalaman hal ini menjadi tantangan tersendiri bagaimana mengelola keuangan sebaik mungkin agar tidak kekurangan. Dilansir dari Kompas.com beberapa cara ini bisa Anda coba agar menabung penghasilan tidak begitu susah.

Bikin rencana keuangan. Rencana keuangan bisa melatih Anda lebih mandiri dan merasa lebih aman. Tidak perlu menunggu gaji besar dan usia mapan. Saat ini jika Anda sudah berpikir dan merencanakan semua akan menjadi lancar.

Selalu mengontrol pengeluaran juga perlu dilakukan. Anda perlu membuat daftar rencana berikut anggaran dananya. Pengeluaran dengan dana besar perlu dipersiapkan matang-matang seperti pernikahan, tabungan deposito, asuransi, tabungan keluarga dan biaya pendidikan. Rencana ini yang sebenarnya menjadi motivasi Anda untuk bisa menabung meski tidak dalam jumlah besar.

Belajar mandiri. Meminta bantuan keuangan pada orang tua dan kerabat memang tidak ada salahnya. Namun cobalah untuk mulai mandiri dengan penghasilan yang peroleh. Belajar mandiri dalam hal keuangan akan membuat Anda lebih bebas mengelola uang untuk keperluan pribadi baik sekarang atau masa depan.

Investasi?, kenapa tidak. Melakukan investasi baik asuransi ataupun produk lain tepat Anda lakukan sejak masih muda. Cara ini adalah metode menyiapkan pendanaan untuk jangka panjang. Akan tetapi tetaplah berkonsultasi pada orang yang Anda percaya sebelum memulai investasi ini. Anda perlu tahu kondisi diri dan keuangan sebelum mengivestasikannya ke dalam suatu produk.

Untuk pekerja pemula ada baiknya Anda memilih investasi yang memiliki risiko kecil. Misalnya melakukan deposito, asuransi pendidikan dan lain-lain. Untuk investasi saham atau reksan dana lakukan jika Anda memang sudah berpengalaman dalam hal ini.

Mengontrol kebiasaan belanja. Biasanya para wanita yang menjadi korban iklan dan tertarik untuk membeli sesuatu padahal tidak terlalu penting. Memang, tidak ada salahnya Anda memuaskan diri dengan berbelanja tapi ingat bahwa banyak kebutuhan lain yang lebih penting. Apa tips agar Anda bisa mengontrol hobi belanja? Jadwalkan membeli sesuatu setiap bulan misalnya bulan A membeli sepatu, bulan B membeli pakaian, bulan C membeli barang elektronik dan sebagainya. Sebelum belanja sisakan uang untuk Anda tabung.

Kartu kredit? Meskipun mengasyikkan menggunakan kartu kredit tapi jangan sampai Anda lepas kontrol saat menggunakannya. Banyak pihak penyedia kartu kredit menawarkan produk kartu yang memanjakan pelanggan. Pastikan sebelum membeli produk kartu kredit Anda tahu dan sesuai kebutuhan serta bisa menggunakannya dengan bijak.

Video

Tips Menambung dan Berinvestasi

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara menabung bagi pemula. Tips menabung untuk pemula. Http://carapedia.com/begini_nya_pekerja_pemula_menabung_info4517.html. Cara mengelola keuangan bagi pekerja pemula. Tips menabung bagi pemula. Cara mengatur keuangan untuk pekerja pemula. Cara menabung untuk pemula.

Tips mengatur.keuangan.bagi.pemula.kerja. Tips menabung pemula. Menabung bagi pemula. Cara menabung pemula. Tips menabung buat pekerja. Menabung. Tips menanung pemula.

Tips menabung buat pemula..menabung. Cara mengelola uang bagi pekerja pemula. Cara mengatur keuangan gaji kerja untuk pemula. Cara mengatur keuangan bagi pekerja pemula. Cara.mengatur.keuangan.bagi.pemula. Tips untuk menabung bagi pemula.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.