Previous
Next

Cara Dasar Memasak

Apa Itu Saus Moleódan Bagaimana Cara Memasaknya?

 

Apa itu Mole, kalian pasti penasaran? Intinya, ini adalah saus. Ada lusinan jenis dan variasi yang hampir tak ada habisnya. Secara regional, Meksiko penuh dengan variasi mol asli yang berbeda di setiap negara bagian.

Seringkali ketika orang menyebut mol, yang mereka pikirkan adalah mol poblano, dari Puebla, yang juga dikenal sebagai tempat lahirnya mol. Mole poblano adalah saus kental berwarna coklat tua yang dibuat dengan coklat dan lusinan bumbu, direbus selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Selain mol poblano, ada juga pelangi Mole yang tersebar di seluruh Meksiko, disajikan dengan berbagai cara di rumah dan restoran.

Oaxaca terkenal dengan tujuh Molenya (termasuk Mole kuning, Mole hijau, dan Mole nanas dan pisang raja). Mole blanco (Mole putih) adalah versi lain dari sausnya, dibuat dengan coklat putih dan cabai. Apa pun preferensi rasa Anda, selalu ada yang cocok untuk Anda! Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Mole, cara membuatnya, dan cara terbaik menikmati saus yang sangat beraroma.

 

 4 Jenis Saus Mole dan Cara Membuatnya

Apa itu Mole?

“Mole adalah saus,” kata Alejandro Rodriguez, sous chef di Banyan Tree Mayakoba di Playa del Carmen, Meksiko. “Kami memiliki tipe yang berbeda di Meksiko. Ini sangat kompleks. Ada banyak gaya berbeda dari setiap daerah.”

 

Apa yang Ada di Saus Mole?

Mole dikenal karena rasanya yang kompleks dan daftar bahan yang panjang. Perbedaan antara mol dan salsa adalah jumlah bahan dan bumbu, jelas Rodriguez. “Mole memiliki banyak bumbu dan cabai kering yang berbeda-beda,” katanya. “Anda selalu membutuhkan bawang putih, bawang merah, dan tomat. Isinya bisa 20 bahan, antara lain coklat, cabai de arbol, oregano, biji ketumbar… Semua bumbu yang kamu mau!”

Resep Mole sering kali diturunkan dalam keluarga, dan tentu saja diulang dari generasi ke generasi. Rodriguez mengubah resep keluarga yang diwarisi ibunya dari abuela karena dia lebih menyukai rasa yang lebih pedas daripada rasa yang lebih manis.

Untuk komponen coklatnya, Abuelita adalah pilihan populer di Meksiko. Tablet coklat panas memiliki sedikit kayu manis untuk menambah rasa pada saus mol.

Membuat Mole adalah pekerjaan penuh kasih yang bisa memakan waktu berhari-hari, antara membersihkan cabai, memblender bumbu, memasak bumbu, serta merebus dan mencampur semuanya. Di Meksiko, merupakan tradisi untuk membuat batch sebelum Dìa de los Muertos atau ulang tahun orang yang dicintai.

Secara tradisional, bumbu kering, biji-bijian, dan kacang-kacangan dihancurkan dengan metate (alat batu meja), namun saat ini blender sudah bisa digunakan.

 

“Membuat Mole adalah pengalaman yang luar biasa dan melelahkan,” kata Rodriguez. “Dapurmu akan berantakan, tapi pada akhirnya menyenangkan.”

 

Manfaat Nutrisi Saus Mole

Mole penuh dengan tumbuhan, artinya Anda akan mengonsumsi berbagai vitamin dan mineral sambil mengonsumsi sausnya. Pikirkan: zat besi, magnesium, kalsium, seng, dan banyak lagi. Mole juga sangat serbaguna, artinya ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat protein dan sayuran lebih lezat dan lezat untuk dikonsumsi.

Mol juga biasanya rendah gula dan natrium, yang tidak selalu khas untuk saus lezat tersebut. Mole juga vegan, dan bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan rasa dalam pola makan nabati, atau membuat melewatkan daging lebih enak bagi sebagian orang.

 

Cara Memasak Dengan Mole

“Keajaiban ada pada sausnya, dan sausnya bisa dipadukan dengan apa saja,” kata Rodriguez.

Secara tradisional, ayam utuh dapat disajikan dengan saus Mole, tetapi Mole juga dapat digunakan sebagai saus dengan tortilla atau apa pun yang Anda suka.

Ayam suwir atau daging lainnya dapat dicampur dengan Mole dan digunakan untuk mengisi enchilada, burrito, atau tamale. Mole juga bisa menjadi bumbu sandwich, digunakan sebagai saus untuk membasahi enchilada, bahan dasar telur goreng, ditaburi nasi—pilihannya tidak terbatas.

Mole biasanya bertahan di lemari es selama lima hari dalam wadah tertutup, atau bisa dibekukan hingga tiga bulan.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.