Previous
Next

Olahraga

Tips Latihan Fitness Bagi Pemula

 

 

Rutinitas sehari-hari mulai membuat Anda mudah lelah, pola makan kurang teratur, atau bahkan terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau kaya lemak yang akhirnya membuat badan kurang fit bahkan cenderung kurang ideal? Mungkin, Anda kurang olahraga. Kenapa tidak mencoba olahraga yang relative mudah, bisa disesuaikan jadwalnya dengan rutinitas Anda, dan lebih banyak dilakukan di club indoor seperti fitness? Saat ini, fitness sedang banyak digandrungi, selain efek yang baik untuk kesehatan Anda, ternyata fitness juga mampu menjaga penampilan dengan pembentukan tubuh yang lebih ideal. Latihan otot, pengencangan perut, paha sampai pinggang, menjadikan olahraga yang satu ini, menjadi primadona di era modern. Nah, Anda yang ingin memulai menekuni olahraga ini, mungkin tips berikut dapat membantu;

 

Komitmen

Masalah yang sering kali dihadapi beginner (pemula) adalah belum adanya komitmen dalam diri untuk terus tekun berlatih. Kadang rasa malas lebih banyak mempengaruhi. Untuk pergi ke pusat kebugaran saja, rasanya sudah kurang semangat, atau bahkan malu. Jika, ini masalah Anda, mungkin dapat disiasati dengan memilih jadwal latihan selepas pulang kantor misalnya, jangan biarkan tubuh Anda menikmati empuknya sofa dirumah terlebih dahulu, ini yang akan membuat Anda malas. Jangan dulu mengambil jadwal yang padat untuk latihan, 2-3 kali seminggu asal rutin, sudah cukup ideal untuk menjaga kebugaran Anda. Bila perlu, langsung daftarkan diri Anda menjadi member suatu club, namun pilih jadwal yang agak longgar.

 

Mulai dengan ringan

Satu yang tidak boleh dilewatkan saat memulai aktifitas olahraga adalah, pemanasan. Karena hal ini penting untuk mengurangi resiko cidera. Itu pula yang harus Anda lakukan saat memulai latihan fitness. Namun, melakukan pemanasan hendaklah se-rilex mungkin, jangan memaksakan diri Anda, lakukan pemanasan sekitar 10 menit dengan alat  elliptical atau berjalan pelan pada treadmill ±10-15 menit. Kemudian rangkai dengan gerakan peregangan seperti menyentuh ujung ibu jari kaki, meregang kaki, memutar pinggang dan meregangkan tangan ke semua arah, sekitar 10 menit. Kemudian, saat memasuki latihan inti, cukup lakukan gerakan dalam satu set hitungan,umumnya 8 atau 16 hitungan dengan melakukan latihan secara menyeluruh mulai badan atas, tengah hingga kaki. Dan bila akan memulai memakai alat, atur beban standar (tidak terlalu berat)

 

Relax Time

Anda mungkin bosan dengan latihan yang terlalu ketat juga berat, tidak ada salahnya Anda melakukan latihan sambil mendengarkan musik, sedikit ngobrol dengan teman atau bahkan melihat televisi yang mungkin dipasang di ruang kebugaran. Kegiatan selingan dalam latihan boleh saja dilakukan, asal tetap focus pada hitungan Anda dan ingat tetap melakukan gerakan dengan tertib dan benar.  Selain itu, latihan Anda perlu diselingi dengan istirahat ketika denyut jantung sudah mencapai 10 hingga 20 BPM (di atas rata-rata), istirahat 1 hingga 2 menit membantu menyegarkan tubuh dan membuat Anda tenang kembali. Setelah jadwal fitness Anda, baik pula untuk mengistirahatkan tubuh beberapa menit di kolam renang, kamar uap atau sauna untuk mengembalikan kesegaran.

 

Resume Latihan

Setelah melakukan latihan, baiknya Anda catat latihan apa yang dilakukan pada sesi hari itu, misalnya alat apa yang dipakai, berapa beban yang digunakan, berapa set hitungan dapat dilakukan, bagaimana efeknya pada tubuh Anda  juga mengenai kesulitan-kesulitan selama latihan. Catatan ini sebagai monitoring untuk mengetahui sejauh mana perkembangan latihan yang Anda jalankan. Bila dirasa siap, Anda dapat merencanakan untuk meningkatkan beban latihan pada sesi selanjutnya.

 

Konsumsi Sehat

Dan yang perlu diingat, dari rangkaian latihan Anda adalah konsumsilah makanan sehat. Karena bila tubuh Anda cukup diolah dari luar, tidak akan ada gunanya bila dari dalam tubuh tidak dijaga, artinya Anda tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi bagi tubuh Anda. Pertama, konsumsi cukup air. Air dapat membantu Anda menjaga daya tahan tubuh, memberi lebih banyak energi, membantu metabolisme lemak, menjaga kestabilan denyut jantung, dan mengganti cairan yang hilang ketika melakukan latihan. Biasakan minum 2-3 gelas air mineral, sekitar 2 - 3 jam sebelum berlatih. Kemudian  seperempat hingga setengah gelas air tiap 15 atau 20 menit ketika menjalani sesi latihan, dan setelah selesai berlatih, kembalikan stamina Anda dengan minum 2 hingga 3 gelas air. Untuk makanan,  konsumsilah sayuran dan buah lebih banyak, kurangi konsumsi makanan padat (berkarbohidrat tinggi) maupun tinggi lemak. Juga  hindari konsumsi suplemen tinggi protein dan tetap minum vitamin secara rutin.

 

 

 

 

Video

Video Cara Memulai Latihan Fitness

Dalam video berikut ditampilkan cara-cara memulai gerakan fitnes dengan atau tanpa bantuan alat

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Gerakan fitnes. Fitness pemula. Cara fitnes. Latihan fitness. Tips fitnes. Panduan fitness. Fitnes untuk pemula.

Cara fitnes yang benar. Cara fitnes yang baik. Olahraga fitnes. Latihan fitnes. Cara fitness. Panduan fitnes. Latihan fitness untuk pemula.

Cara fitness untuk pemula. Teknik fitnes. Tips fitness. Tips fitness untuk pemula. Gerakan fitnes untuk pemula. Gerakan fitness.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.