Previous
Next

Kesehatan

Menu Berbuka Puasa Yang Dianjurkan

 

 
 
 
 
 
Hanya dalam hitungan hari lagi umat Muslim akan menjalani salah satu kewajibannya sebagai penganut agama Islam, yaitu berpuasa Ramadhan. Selama sebulan nanti umat Muslim akan menjalankan puasa dengan tidak makan dan minum sejak Imsya' hingga Maghrib datang. Supaya tubuh kita tidak 'kaget' selama kita menjalankan puasa, maka ada beberapa anjuran yang harus dilakukan terutama yang berkaitan dengan menu makanan kita selama berpuasa. Karena tanpa kita sadari, kita sering berbuka dengan menu yang berlebihan sehingga malah memberikan efek buruk bagi kesehatan kita. Satu hal yang sering menjadi keluhan banyak orang selama bulan Ramadhan adalah melonjaknya kolesterol pada saat Ramadhan dan terus berlangsung hingga setelah lebaran. Padahal sebenarnya bila kita menjalankan puasa dengan benar, tidak makan secara berlebihan saat berbuka, dan menyantap menu berbuka puasa yang dianjurkan, Insya Allah puasa memiliki efek yang positif bagi kesehatan kita.
 
Menu berbuka puasa yang dianjurkan diantara adalah:
 
* Minuman yang manis
Akan lebih baik bila minuman yang manis tersebut menggunakan rasa manis alami tanpa gula. Minuman seperti ini bisa didapatkan dari jus buah, air kelapa, dll. Penggunaan gula pasir pada minuman manis saat berbuka akan memberikan efek yoyo pada gerakan timbangan badan kita. Selain itu juga akan memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan kita 
 
* Karbohidrat 
Tidak harus menyantap nasi pada saat berbuka karena karbohidrat tidak hanya terkandung pada nasi. Kita bisa menyantap kentang rebus atau aneka umbi yang lain
 
* Hindari makanan yang digoreng dan banyak berminyak
Selain sudah banyak artikel/berita yang memuat informasi tentang efek gorengan bagi kesehatan kita, menyantap makanan yang digoreng dan banyak berminyak saat berbuka puasa bisa memberikan efek rasa haus yang lama. Selain itu, minyak goreng bisa mengikat oksigen di dalam darah hingga 20% sehingga bisa memberikan efek mengantuk.
 
* Sayuran dan buah
Ini emrupakan menu wajib yang harus kita konsumsi tidak hanya pada bulan puasa saja. Mengkonsumsi buah dan sayur bisa mencukupi kebutuhan kita akan vitamin dan mineral.
 
* Minum air putih
Walaupun puasa seharian, kita tetap harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari untuk menghindari dehidrasi. Jadi saat berbuka dan sahur kita tetap harus minum air putih yang banyak. Bahkan pada saat kita menjelang tidur sekalipun
 
* Mengkonsumsi kurma
Selain sesuai dengan anjuran nabi, memasukkan kurma di menu buka puasa adalah untuk menambah energi bagi kita setelah seharian berpuasa. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kebanyakan kurma yang ada di pasaran adalah kurma yang telah diawetkan dengan gula sehingga kandungan gulanya tinggi dan manis sekali rasanya. Pilih kurma yang tidak banyak mengandung gula buatan, namun bila harga menjadi masalah, sebaiknya kita mengkonsumsi kurma yang banyak di pasaran sesekali saja.
 
 
Berikut ini adalah contoh menu buka puasa yang dianjurkan:
 
* Jus Melon, Nasi putih + sop daging dan sayur, air putih, potongan buah
 
* Air kelapa hijau, nasi merah + semur telur + tahu + telur bacem, teh tawar, potongan buah  
 
* Jus semangka, kentang kukus + brokoli rebus + pepes bandeng, air putih, potongan buah

Video

Video cara membuat menu minuman buka puasa

Dalam video ini akan diperlihatkan cara membuat menu minuman buka puasa

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/menu_berbuka_puasa_dianjurkan_info3029.html. Menu puasa sebulan. Buka puasa kebanyakan minum es. Jus buka puasa. Cara berbuka puasa yang benar. Menu buka puasa yang baik untuk kesehatan. Jus untuk buka puasa.

Menu bulan puasa sebulan. Menu berbuka puasa sebulan. Anjuran berbuka puasa. Buka puasa tanpa nasi. Menu ramadhan sebulan. Jus yang baik untuk buka puasa. Cara berbuka yg baik.

Efek minum es saat buka puasa. Menu berbuka puasa rasulullah. Gambar menu buka puasa. Jus yang baik untuk berbuka puasa. Jus untuk berbuka puasa. Cara berbuka puasa yang baik.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.