Previous
Next

Cara Dasar Memasak

Ya, Tepung Juga Bisa Kadaluarsa Inilah Mengapa Anda Perlu Memeriksanya

 

Tepung adalah salah satu bahan pokok dapur yang paling umum di luar sana, namun ada pertanyaan sederhana yang tidak dapat dijawab oleh banyak orang: Apakah tepung kedaluwarsa? Jawaban singkatnya adalah ya — tetapi masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui tentangnya.

 

Kapan tepung kadaluarsa?

Meskipun tepung memiliki masa simpan yang sangat lama dibandingkan dengan produk lain yang Anda temukan di toko bahan makanan, tepung ini paling segar dalam tiga hingga delapan bulan pertama setelah dibeli.

Ini tidak akan tiba-tiba menjadi tidak dapat digunakan sehari setelah rentang tanggal tersebut, tetapi Anda mungkin mulai melihat perubahan tambahan setelah titik tersebut. Struktur molekulnya mulai perlahan terurai, dan mungkin mulai terasa basi dan berinteraksi dengan bahan lain secara berbeda dari biasanya, dalam beberapa kasus membuatnya lebih sulit untuk dimasak atau dipanggang.

 

Apa yang terjadi jika menjadi buruk?

Saat tepung mulai kedaluwarsa, sering kali dapat memberikan rasa sedikit asam pada apa pun yang Anda masak atau bahkan berkembang menjadi gumpalan yang bertentangan dengan menjaga teksturnya yang halus.

Lebih penting lagi adalah fakta bahwa beberapa tepung berubah menjadi berjamur setelah titik tertentu — terutama jika tidak disimpan dengan benar di tempat yang kering — dan Anda tidak ingin secara tidak sengaja memasak jamur ke dalam makanan Anda atau menelannya. Jika ini terjadi, kabar baiknya adalah situasinya mungkin tidak akan mengancam jiwa, tetapi Anda tentu tidak akan menikmati mencicipi sesuatu yang asam atau sakit perut nanti!

 

Bagaimana Anda bisa tahu jika tepung telah kadaluarsa?

Untungnya, ada cara mudah untuk melindungi tepung Anda dan mengawasinya jika menjadi buruk. Pertama dan terpenting, pastikan Anda menyegelnya dalam wadah atau toples kedap udara sehingga tidak ada uap air tambahan yang masuk, yang dapat mempercepat proses kedaluwarsa. Simpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap di dapur Anda yang tidak terkena sinar matahari langsung untuk menghindari paparan panas yang berkelanjutan.

Ingatlah bahwa gandum utuh dan tepung alami lainnya (seperti buncis atau almond) akan lebih cepat rusak, sementara tepung serbaguna atau tepung putih cenderung bertahan lebih lama karena lebih banyak diproses untuk memperpanjang umur simpannya. Anda juga dapat menyimpannya di freezer hingga satu tahun jika Anda tahu Anda tidak akan membutuhkannya segera.

Terakhir, berikan tampilan dan cium tepung Anda dari waktu ke waktu, terutama jika Anda tahu Anda berada di luar jendela kesegaran awal tiga hingga delapan bulan. Jika tepung mulai terlihat berubah warna dibandingkan saat Anda membelinya, atau baunya sedikit asam atau bahkan tengik, mungkin sudah saatnya untuk membuangnya dan mulai segar.

Meskipun mungkin tampak sulit untuk melacak makanan pokok dapur yang ada di mana-mana yang sepertinya tidak pernah berubah, makanan Anda akan berterima kasih!

 

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.