Previous
Next
  • Home
  • »
  • Anak
  • » Cara Orangtua Agar Anak Aman Mengakses Film Online

Anak

Cara Orangtua Agar Anak Aman Mengakses Film Online

 

 

Usia anak adalah usia dimana mereka sangat mudah menerima asupan pengetahuan termasuk bidang teknologi.  Oleh sebab teknologi yang berkembang mempengaruhi cara berpikir setiap manusia, maka anakpun akan menerima dampaknya pula.

Anak di usia remaja yang memakai gadget sendiri untuk mengakses game, internet film online sudah sering kita temui di lingkungan sekitar. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa satu dari lima anak terkena dampak pemikiran buruk setelah menonton film online secara illegal. Anak usia 11 hingga 15 tahun sebanyak 25% sudah mampu men-download film illegal. Studi ini dilakukan oleh The Industry Trust for IP Awareness dan British Board of Film Classification (BBFC).

Maraknya film ilegal yang tersedia di internet menyebabkan anak tanpa batasan usia bisa menontonnya. Survei di Inggris terhadap 1.000 anak usia 11 hingga 15 tahun membuktikannya. Lebih dari 25 persen anak mengatakan mereka menonton film online tanpa sepengatahuan orang tua. Bahkan sebagian besar dari mereka mengungkap sumber film online yang mereka peroleh didapatkan dari teman-teman sebaya dan digunakan untuk persaingan.

Sebagian orangtua melihat dari kondisi fakta tersebut tidak sebaiknya mengabaikan anak dalam menonton film online. Film online illegal yang merebak ini bisa saja salah diakses oleh anak-anak sehingga mempengaruhi pikiran mereka. Dilansir dari Female First, berikut ini beberapa tindakan yang sebaiknya dilakukan orang tua:

1. Mencari Situs dengan  Batasan Usia

Meskipun beberapa anak sudah bisa men-download film online mandiri, orang tua perlu terlibat di dalamnya. Cobalah untuk mencari situs-situs film online yang menerapkan kebijakan batasan usia. Dalam memilih film anak perlu didampingi orang tua dengan memilih film yang sesuai dengan usianya. Hindari situs yang menyediakan film dewasa, atau film-film ilegal tanpa batasan usia.

2. Pemblokiran situs tertentu

Sebelum anak mengakses melalui internet, lakukan pemblokiran beberapa situs ilegal atau website yang tidak layak untuk ditonton. Buatlah proxy untuk  situs tersebut dengan menerapkan password. Jika perlu hubungi pihak Internet Service Provider untuk urusan pemblokiran.

3. Hindar acara-acara telivisi yang tidak sesuai dengan usia anak

Pengaruh teknologi juga muncul melalui acara-acara televise yang tidak mendidik anak. Sesuaikan acara televisi yang ditonton anak dengan usia mereka. Berikan pilihan film atau acara televisi untuk edukasi dan damping anak.

4. Berikan Peringatan

Dalam beberapa kasus kadang orangtua merasa kecolongan ketika anak menonton film yang tidak sesuai dengan umurnya. Untuk mengatasinya orangtua perlu waspada dengan segala tingkah laku anak, an berikan pengertian bahwa film itu tidak layak tonton dan ajak anak untuk memilih film yang tepat. Beritahukan juga bahwa film-film yang tidak tepat akan berdampak buruk pada masa depan anak.

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Film anak donwlod. Film online.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.