Previous
Next
  • Home
  • »
  • Ekonomi
  • » Cara Mengenali dan Menghindari Greenwashing

Ekonomi

Cara Mengenali dan Menghindari Greenwashing

 

Greenwashing adalah istilah yang digunakan ketika perusahaan secara menipu menempatkan klaim ramah lingkungan (pikirkan: "ramah lingkungan," "berkelanjutan," atau "hijau") pada kemasan produknya. Dalam kebanyakan kasus, mereka adalah klaim luas tanpa dukungan untuk mendukungnya. Berikut adalah beberapa contoh klaim menipu yang harus diwaspadai, menurut para pakar lingkungan kami:

• Sebotol deterjen cucian diberi label "bebas fosfat." Sejak fosfat dikeluarkan dari jenis produk ini beberapa dekade yang lalu, setiap produsen deterjen terkemuka telah menghapus bahannya. Ini dianggap greenwashing karena deterjen bebas fosfat sudah menjadi norma.

• Selimut atau set lembaran diberi label "semua alami." Sementara produk dapat dibuat dengan bahan nabati seperti bambu, bahan baku melalui serangkaian proses manufaktur yang secara sintetis mengubah mereka. Klaim ini menipu karena "semua-alami" menunjukkan bahwa tempat tidur datang langsung dari alam. "Sebenarnya tidak ada serat 'bambu' karena itu benar-benar rayon," kata Lexie Sachs, direktur Lab Tekstil GH Institute. "Plus, prosesnya melibatkan bahan kimia beracun yang berbahaya bagi pekerja, satwa liar, dan lingkungan tempat produk itu diproduksi."

• Matras yoga diberi label "biodegradable" atau "dapat didaur ulang." Karena kondisi di tempat pembuangan sampah, bahan-bahan ini tidak akan cepat rusak, dan Anda tidak dapat mendaur ulang tikar yoga dengan pikap tepi jalan atau bahkan membawanya ke pusat daur ulang A.S. Klaim ini dianggap greenwashing karena menyatakan manfaat lingkungan, tetapi tidak ada manfaat yang berarti.

• Perusahaan menampilkan simbol ramah lingkungan yang tidak ada. Watch out for simbol ramah lingkungan palsu yang dibuat oleh merek. Bahkan jika suatu produk memiliki logo hijau yang mengatakan "ramah bumi," tidak ada artinya jika perusahaan merancang sendiri. Anda dapat menemukan lebih banyak contoh klaim lingkungan yang menyesatkan dalam Panduan Hijau FTC.

Cara menemukan produk yang benar-benar ramah lingkungan

Ketika berbicara mengenai produk, ada cara untuk "membuat keputusan yang cerdas dan berpendidikan sebelum Anda membeli sesuatu yang baru," kata Sabina Wizemann, ahli kimia senior di Lab Kesehatan, Kecantikan, dan Ilmu Pengetahuan Lingkungan GH Institute. Di situlah pengujian ketat kami dilakukan - para ahli kami membantu Anda menemukan produk yang benar-benar berfungsi dan tidak terlalu berbahaya bagi planet ini. "Produk yang efektif cenderung dibuang atau diganti," yang mengurangi limbah, kata Wizemann.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.