Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Cara Memasak Kidu Ulat Enau, Makanan Khas Batak Karo

Daerah

Cara Memasak Kidu Ulat Enau, Makanan Khas Batak Karo

Bagi orang Batak Karo, setiap makanan adalah anugerah dari yang kuasa. Mereka memakan apa saja yang bisa dimakan. Salah satu makanan yang menjadi budaya bagi mereka adalah makan Kidu. Kidu merupakan ulat yang keluar dari pohon enau yang membusuk. Kidu seperti ulat lainnya namun bewarna putih dan lebih panjng.


 Saat sekarang sangat sulit mencari kidu karena sudah sangat jarang orang yang menyajikan masakan yang dulunya merupakan kesukaan para raja itu. Menurut legenda, dulu raja-raja Batak itu semua pintar karena memakan Kidu, tidak seperti sekarang, banyak orang bodoh karena tidak mau makan Kidu.


Cara memasak Kidu sangat mudah. Setelah dibersihkan Kidu ini digoreng agar bagian luarnya renyah, tetapi tidak sampai pecah agar cairan di dalamnya masih utuh. Kidu goreng ini kemudian dimasak sebentar dalam kuah arsik yang terbuat dari kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan kincung atau kecombrang  yang sebelumnya sudah mendidih tanak.

 





Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Sumatera Utara

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat kidu kidu. Resep kidu kidu. Masak kidu. Kidu kidu. Kidu kidu batak. Cara masak kidu. Resep masakan kidu kidu.

Sop kidu kidu. Resep masakan kidu. Resep sup kidu kidu. Cara memasak kidu. Resep kidu kidu karo. Cara memasak kidu kidu. Proses pembuatan makanan tradisional kidu kidu.

Kidu kidu karo. Resep makanan kidu kidu. Cara membuat sayur kidu kidu. Cara membuat kidu kidu khas karo. Cara lengkap memasak kidu kidu. Apa sop kidu kidu itu.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
19 Oct 2013 17:17
bearus
gorengken lebe bumbuna beru