Previous
Next

Tutorial / Panduan

Kiat Mendayagunakan Sampah Plastik

 

Pemerintah saat ini sedang giat menggalakkan Go Green, dengan cara mengurangi polusi karena emisi gas buang kendaraan dan membatasi penggunaan barang-barang berbahan atau berbungkus plastik. Apabila Anda melihat proses penguraian sampah, sampah plastik merupakan sampah yang susah diurai, perlu puluhan tahun untuk dapat menyatu dengan tanah, itupun lama-lama proposi  tanah akan tercemar karena adanya plastik. Akibatnya terjadi gangguan kehidupan pada ekosistem tanah.

Beberapa kebijakan pemerintah menangani sampah plastik yang mulai menggunung di beberapa TPA adalah menganjurkan setiap orang menndaur ulang sampah plalstik yang mereka punya, sehingga produksi plastik bisa dibatasi dan dapat menjaga ekosistem tanah.

Ada beberapa cara bagaimana mendaur ulang plastik agar tidak menjadi sampah, Anda bisa mendayagunakan limbah plastik di rumah dengan cara berikut:

1. Memanfaatkan bekas-bekas kantong plastik untuk keperluan belanja berikutnya. Di kota-kota besar, beberapa swalayan besar sudah tidak menggunakan plastik sebagai wadah belanjaan. Sehingga konsumen diharapkan memiliki kantung plastik masing-masing. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kantung-kantung plastik ketika belanja di pasar, karena akan merepotkan jika kita belaja di banyak tempat dengan kantung plastik yang berbeda-beda.

2. Manfaatkan plastik-plastik ukuran besar sebagai tempat sampah, hal ini lebih efektif daripada Anda harus membuang sampah dalam wadah sendiri-sendiri. Sampah dikumpulkan dalam satu wadah kantung kemudian dibuang ketempat pembuangan.

3. Anda dapat mendonasikan sampah-sampah plastik anda ke tukang loak, atau pemulung. Dari tukang loak atau pemulung ada perusahaan atau orang yang membeli kembali sampah plastik tersebut. Biasanya mereka yang membeli sampah-sampah plastik adalah yang mendaur ulang plastik menjadi sebuah produk. Secara tidak langsung Anda sudah membantu pemerintah secara ekonomi.

4. Manfaatkan pula plastik-plastik berbentuk gelas atau botol untuk pot tanaman. Jadi selain mengurangi polusi limbah plastik Anda juga membantu penghijauan di lingkungan Anda. Anda sudah berpartisipasi dalam program global warming yang sedang gencar digalakkan.

4. Mendaur ulang sendiri sampah plastik. Jika Anda hobi berkreasi dan gemar memasarkan hasil karya Anda ke kalangan umum, Anda bisa mencoba mendaur ulang sampah-sampah plastik Anda menjadi sesuatu yang menarik dan mempunyai daya jual. Ada banyak sekali  panduan bagaimana mendaur ulang plastik menjadi kerajinan, Anda bisa mencoba  salah satunya. Klik disini untuk melihat cara membuat kerajinan dari barang bekas

Video

Produk Daur Ulang Plastik

Video berikut merupakan contoh produk daur ulang dari sampah plastik. Plastik ternyata memiliki banyak manfaat jika kita pandai mendayagunakannya.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat baju daur ulang dari plastik. Cara membuat baju dari plastik bekas. Cara membuat baju dari plastik. Baju daur ulang dari plastik. Cara membuat baju dari kantong plastik. Cara membuat baju dari daur ulang sampah. Http://carapedia.com/kiat_mendayagunakan_sampah_plastik_info4035.html.

Cara buat baju daur ulang dari plastik. Cara membuat baju daur ulang plastik. Cara membuat baju plastik. Cara membuat baju dari limbah plastik. Cara membuat baju dari bahan daur ulang plastik. Proses penguraian sampah plastik. Cara membuat baju dari sampah.

Cara membuat daur ulang baju dari kantong plastik. Cara membuat tempat sampah dari limbah plastik. Cara membuat baju dari hasil limbah daur ulang. Cara buat baju daur ulang sampah. Cara membuat kostum dari daur ulang plastik. Mendayagunakan barang bekas.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.