Previous
Next
  • Home
  • »
  • Definisi
  • » Definisi Generation Gap, Alasan Ini Terjadi

Definisi

Definisi Generation Gap, Alasan Ini Terjadi

Karena kehidupan selalu berjalan ke depan pasti selalu akan ada perubahan di setiap generasi. Kebiasaan dan kehidupan generasi terdahulu mungkin akan berbeda dengan generasi sekarang. Hal ini tentunya juga akan mempengaruhi kehidupan sebuah keluarga di antara orang tua dan anak. Perbedaan ini jika tidak disikapi dengan baik akan membuat jarak antara orang tua dan anak. Jarak ini kemudian dinamakan dengan istilah generation gap.

Generation gap disebabkan karena beberapa hal seperti kebiasaan, sistem pendidikan, teknologi, perilaku dan sebagainya. Kondisi-kondisi perlu dipahami setiap orang tua agar mereka bisa menciptakan komunikasi yang baik dengan anak.

Teknologi

Coba kilas balik jaman Anda berusia anak-anak, teknologi yang sedang berkembang pada saat itu? Mungkin Anda akan teringat permainan ding dong, televise tabung, radio kaset, telepon rumah analog, mesin ketik manual, layar tancap dan sebagainya. Di jaman sekarang, semua teknologi tersebut sudah tergeser dengan yang lebih canggih dan praktis. Anak-anak kita mulai mengenal adanya play station, ipad, laptop, smartphone, televise layar datar, bioskop tiga dimensi.

Karena perbedaan teknologi ini jika orang tua tidak bersama-sama anak mengenal dunia teknologi terbaru akan kesusahan megikuti perkembangan anak dari segi kecerdasan, hobi, psikologi dan komunikasi.

Lebih Bebas

Mungkin di jaman Anda masih anak-anak, Anda tidak berani membantah apa yang dikatakan orang tua. Meskipun dalam konteks yang positif namun anggapan bahwa membantah orang tua adalah perbuatan durhaka tidak sesempit dulu. Sekarang anak lebih membutuhkan ruang bebas untuk mengekspresikan dirinya. Anak harus berjalan di atas kakinya dan belajar mandiri tanpa perintah orang tua.

Orang tualah yang sekarang sebaiknya berperan mengarahkan anak menuju jalan positif namun dengan bahasa yang mudah diterima anak. Sekarang, tidak ada kata memarahi karena sikap anak semakin dimarahi akan semakin membangkang.

Lebih terbuka

Di jaman sekarang keterbukaan selalu dituntut anak, karena pemikiran mereka yang terbuka dan tingkat penasarannya lebih tinggi dari anak-anak di jaman dulu. Ia akan lebih mudah mengungkapkan perasaan, pertanyaan dan pernyataan yang menurut meraka harus diungkapkan. Bahkan dengan adanya media sosial yang menjadi sarana keterbukaan tersebut.

Peran orang tua  juga sebaiknya memberikan respon yang baik jika anak mau terbuka dengan keadaan dirinya. Dengan begini hal ini akan menumbuhkan kepercayaan diri anak di depan publik.

Lebih cerdas dan kreatif

Kecerdasan dipengaruhi oleh tingkat gizi, sistem pendidikan sehingga otak anak lebih terstimulasi optimal. Jangan kaget jika anak mengungkapkan pertanyaan kritis dan jika tidak puas dengan jawaban akan berkreasi mencari jawaban tersebut sendiri.

Video

Seputar Generation Gap

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengertian generation gap. Arti gap generation. Generation gap adalah. Pengertian gap generation. Apa itu generation gap. Definisi generation gap. Maksud generation gap.

Pengertian dan contoh generation gap. Generasi gap adalah. Https://carapedia.com/definisi_generation_gap_alasan_ini_ter_info4601.html. Contoh generation gap. Apa itu gap generation. Http://carapedia.com/definisi_generation_gap_alasan_ini_ter_info4601.html. Konsep generation.

Arti generation gap. Pengertian permainan gap. Gap generation adalah. Arti generasi gap. Konsep generation gap dan contohnya. Apa arti gap generation.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.