Previous
Next
  • Home
  • »
  • Wisata
  • » Berburu Oleh-Oleh Lebaran Alat Rumah Tangga di Banyuwangi

Wisata

Berburu Oleh-Oleh Lebaran Alat Rumah Tangga di Banyuwangi

 

Rupanya ada destinasi wisata yang dikhususnya bagi ibu rumah tangga, yakni Industri Sayangan di Dusun Tegalpakis, Kecamatan Kalibiru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Industri Sayangan ini merupakan industri khusus untuk peralatan memasak dan alumunium seperti wajan, panci, dandang, oven, cetakan kue, saringan hingga peralatan masak lain yang begitu akrab dimata ibu-ibu.

Industri ini tepatnya berada di jalur lintas perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Di kawasan ini semua peralatan rumah tangga dijual dengan harga yang cukup murah karena hampir sebagian besar peralatan diproduksi sendiri oleh para perajin asli di dusun tersebut.

Hampir sebanyak 40-an kios di daerah Sayangan ini menjual peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh keluarga dan sudah ada sejak generasi sebelumnya. Umumnya, penjualan alat – alat rumah tangga akan mengalami peningkatan drastis pada Lebaran.

Alasannya, industri ini terletak di jalur utama aurs mudik antara Banyuwangi dan Jember. Peningkatan penjualan bisa mencapai 500 persen pasca Lebaran. Tidak hanya perorangan saja yang membeli, namun ada juga rombongan yang kebetulan lewat berhenti di kawasan tersebut untuk belanja-belanja.

Tak hanya di jual di kawasan tersebut, para perajin juga mengirim barang dagangannya ke Lombok, Medan, Riau, Sulawesi, Papua. Bahkan, di tahun 1992, beberapa orang dari Sayangan mengirim barang baku dan peralatan ke tempat tujuan satu truk fuso dan kemudian mereka membuatnya langsung di sana.

Menurut warga di sana, ketika mereka mengirim kerajinan ini akan lebih menghemat biaya produksi jika dibuat langsung di tempat tujuan daripada mengirim barang jadi. Warga juga menjamin bahwa produksi Sayangan berkualitas dan lebih bagus dibandingkan tempat-tempat lainnya yang memproduksi kerajinan yang sama.

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.