Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Berburu Kuliner Khas Betawi di Jakarta Fair

Daerah

Berburu Kuliner Khas Betawi di Jakarta Fair

 

Nah, apa yang menarik dari Jakarta Fair kali ini? Jika Anda kesana maka jangan lupa untuk berburu kuliner Khas Betawi.

Jakarta Fair diadakan sejak tanggal 6 Jni hingga 6 Jli 2013, berbagai produk murah, kesempatan berbelanja murah dan parade musik musisi lokal ada di festival ini selama satu bulan. sat hal yang menarik adalah Anda bisa menemukan jajanan kuliner khas Betawi yang begitu populer pada setiap Jakart Fai sejak diadakan pertama kali  tahun 1968. apa saja jajanan kuliner tersebut? Yuk Intip:

1. Kerak Telor

Makanan satu ini adalah jananan tradisional khas Betawi. Namanya mudah diingat, rasanya enak dan cara pembuatannya sangat sederhana namun atraktif dengan bahan baku yang murah.

Kerak telor dibuat di atas wajan dengan sumber arang sebagai perapian di atas tungku kecil. Telor dipanggang di atas wajan kemudian di bolak-balik. saat membali telor, adalah atraksi yang menarik karena meski wajan dibalik, telor tidak akan mudah jatuh.

Kerak telor ini konon pertama kali dibuat oleh orang Betawi keturunan Cina. Bahan dasar yang digunakan  adalah beras ketan yang sudah direndam 2 jam, telur ayam atau bebek, serundeng, ebi dan bumbu seperti garam, lada, daun bawang, cabai.

2. Lontong / Ketupat Sayur

Ketupat sayur atau lontong sayur adalah juga makanan khas Betawi. Biasanya tersedia di pagi har sebagai menu sarapan dan dijumpai di hampir seluruh pelosok Jakarta.

Ketupan sayur ini terdiri dari kuah gurih dengan tambahan ebi. Ciri khasnya ada potongan kacang panjang berbeda dengan ketupat sayur di daerah lain yang terdiri dari irsan labu siam, nangka muda atau pepaya muda. Rasanya cenderung manis pada kuah santangnnya dan menggunakan sambal kacang.

3. Soto Tangkar

Menu kuliner satu ini memang kalah populer dengan soto Betawi. Dulu hanya disajikan pada kalangan menengah ke bawah, namun sekarang bisa dinikmati oleh siapa saja. Soto Tangkar sulit didapatkan di Jakarta, namun Anda bisa mencicipinya di Jakarta Fair.

Bedanya dengan soto Betawi, soto ini warna kuahnya lebih pekat, isinya hanya sisa daging yang menempel pada tulang iga. Biasanya soto ini disajikan dengan emping melinjo, irisan jeruk nipis, sambal merah, dan dagingnya menggunakan lemak atau jeroan sapi.

Video

Info Jakarta Fair 2014

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Lontong sayur. Resep lontong sayur. Lontong sayur betawi. Ketupat sayur lebaran. Cara membuat lontong sayur. Resep lontong sayur betawi. Resep membuat lontong sayur.

Sayur ketupat lebaran. Cara masak lontong sayur. Resep sayur lontong. Resep sayur ketupat. Sayur ketupat. Resep masakan lontong sayur. Resep sayur ketupat lebaran.

Resep ketupat sayur lebaran. Cara membuat kuah lontong lebaran. Ketupat sayur. Resep ketupat sayur. Menu sarapan pagi tradisional. Bumbu lontong sayur.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.