Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Permainan Ketapel Khas Jawa Barat

Daerah

Permainan Ketapel Khas Jawa Barat

Permainan ini menggunakan alat terbuat dari kayu yang dibentuk menyerupai huruf y, atau dahan kayu bercabang, berukuran tinggi 25 cm. Pada kedua ujung kayu dipasang karet kolor hitam atau merah dengan panjang 55 cm. Ujung-ujung karet disambungkan dengan potongan kulit.


Alat ini dipakai untuk menembak sesuatu seperti buah-buahan. Sebagai peluru digunakan batu kecil yang dipasang pada kulit. Ketepel dibidikkan dengan membentangkan karet kolor, dan kulit yang telah berisi kerikil dipegang dengan tangan kiri.
 

 





Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat ketapel. Cara membuat ketapel kayu. Ketapel. Permainan ketapel. Permainan tradisional ketapel. Cara membuat ketapel sederhana. Fungsi ketapel.

Cara kerja ketapel. Cara membuat ketapel dari kayu. Ketapel kayu. Pengertian ketapel. Cara membuat ketapel tradisional. Macam macam permainan tradisional jawa barat. Permainan khas jawa barat.

Cara membuat katapel. Permainan tradisional jawa barat. Permainan khas sunda. Membuat ketapel. Cara buat ketapel. Contoh permainan tradisional jawa barat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
14 Jan 2014 14:50
christy
saya cuma mau tau cara nya ajh maksud nya langkah2 ny gimana abis nya aku kan bkn cowo