Previous
Next

Kesehatan

Penyakit Serangan Jantung

 

 
 
 
 
Pada dasarnya, serangan jantung atau dalam bahasa medis dikenal dengan Infark Mlokard Akut (IMA) merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan. Ini dibuktikan dengan penemuan sejumlah sel radang  (seperti limfosit, mastosit, serta makrofag) dalam jumlah yang banyak dalam plak pembuluh darah koroner yang tersumbat. Proses dari peradangan ini sendiri tidak hanya terjadi secara lokal di jantung, namun juga secara sistemik.
 
Karena terjadi peradangan itulah yang sebenarnya menyebabkan para penderita penyakit serangan jantung merasa lesu, pusing, tak bertenaga, serta suhu tubuhnya menjadi meningkat. Selain itu, biasanya penderita penyakit serangan jantung juga berkeringat dingin, sering merasa mual dan muntah. Semua gejala itu ditafsirkan sebagai gejala masuk angin atau angin duduk dan mengambil tindakan dengan cara mengerokinya supaya anginnya keluar.
 
Oleh karena itu, bagi siapapun yang sering merasa masuk angin harus sedikit lebih waspada, apalagi jika memiliki faktor resiko penyakit jantung, seperti: kolesterol tinggi, hipertensi, merokok, obesitas, serta riwayat keluarga penderita penyakit jantung. Jangan-jangan gejala masuk angin yang sering dirasakan merupakan pertanda oksigen (angin) yang masuk ke jantung terhambat sebagai akibat dari terjadinya penyumbatan pembuluh koroner.
 
Penyakit serangan jantung merupakan puncak manifestasi atau perwujudan penyakit jantung koroner. Gumpalan darah yang berbentuk plak yang menyumbat pembuluh darah koroner bisa setiap saat retak atau pecah yang kemudian isi dari plak tersebut merangsang sel - sel darah yang sedang mengalir untuk menggumpal.Gumpalan tersebut akan menyumbat liang koroner sehingga mengakibatkan supplai oksigen dan nutrisi pada sel - sel jantung akan berhenti. Dan jika dalam 20 menit sumbatan tersebut tidak larut, maka sel-sel jantung tersebut akan berhenti bekerja.
 
Pada saat kita atau orang di dekat kita terkena penyakit serangan jantung, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah segera ke rumah sakit. Bila memungkinkan, datang ke rumah sakit yang emmiliki fasilitas kateterisasi jantung. Atau bisa juga selalu menyediakan aspirin di kptak obat atau tas yang dibawa kemanapun. Aspirin berfungsi sebagai pengencer darah. Mengunyah aspirin lebih efektif supaya aspirin lebih cepat diserap tubuh. Karena prinsip utama penanganan kasus penyakit serangan jantung adalah secepat mungkin mengatasi aliran darah yang tersumbat. Apabila hal ini berhasil dilakukan dengan cepat, maka perluasan kerusakan otot jantung dapat dicegah. Semakin kecil tingkat kerusakan otot jantung, maka semakin terjag pula faal jantung dan komplikasi lebih berat pun bisa dihindari  

Video

Video penyebab serangan jantung

Dalam video ini akan dijelaskan hal-hal yang bisa menyebabkan serangan jantung

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Penyakit serangan jantung. Penyakit ima. Video kateterisasi jantung. Tingkatan penyakit jantung. Sering merasa masuk angin. Penyakit jantung ima. Jantung ima.

Gejala penyakit ima. Ciri ciri sakit jantung bila merokok. Mastosit. Cara kerja kateterisasi jantung. Ima jantung. Peradangan jantung. Gambar penyakit ima.

Penyakit ima adalah. Macam macam sel radang. Faal jantung. Tingkatan sakit jantung. Apa itu penyakit ima. Serangan ima.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.