Previous
Next

Kesehatan

Mengenal Gangguan Pre Menstruasi Syndrome

 

Bagi wanita menstruasi sudah menjadi teman setia setiap bulan, tak kan pernah ada yang menolak bila sang “tamu” datang. Namun repotnya, bila ada gejala Pre Menstruasi Syndrome (PMS) atau, rasa sakit pada pertu bisanya berupa nyeri, eneg atau seperti kembung sebelum datangnya menstruasi itu sendiri.

Sindrom pra-menstruasi merupakan kumpulan gejala yang muncul antara 1 hingga 14 hari sebelum masa menstruasi dan biasanya berhenti saat menstruasi mulai. Gejala ini biasa ditandai dengan  keluhan fisiologis yang menyerang segala sistem tubuh maupun gejala psikologis yang mencetuskan masalah mental dan emosional, seperti mudah marah, merasa kurang percaya diri atau lebih parah mendekati depresi. Wanita dalam rentang usia kehamilan, yaitu antara 25 – 45 tahun yang paling rentan terkena gangguan ini. Untuk penyebab PMS sendiri belum diketahui secara pasti, namun yang dapat diketahui adalah PMS ada hubungan dengan perubahan hormonal (adanya peningkatan hormon estrogen secara mendadak menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh)

 

Gejala PMS

 

Psikologis :

Gejala yang dialami berkaitan dengan psikologis biasanya ditandai adanya perubahan tingkah laku  seperti perasaan sensitif, mudah tersinggung atau marah, cemas, gelisah, mudah menangis, suasana hati tidak nyaman, kelelahan, depresi, iritabilitas, kurang percaya diri, gugup, bingung, sulit berkonsentrasi, perubahan napsu seksual, gangguan tidur .

 

Fisik :

·         Sakit pada payudara, kadangkala membengkak

·         Perut kembung, kram perut dan mual

·         Punggung terasa sakit dan panas, nyeri sendi, pegal dan leher tegang, sakit kepala

·         Tumbuhnya jerawat (terutama di daerah T)

·         Detak jantung tidak teratur dan berdebar-debar, sesak napas

·         Diare atau sembelit

·         Nafsu makan terutama makanan asin/gurih dan manis meningkat.

 

Mengatasi PMS

 

PMS memang bukan suatu penyakit. Melainkan hanya gangguan yang datang secara periodic bersamaan dengan datangnya menstruasi itu sendiri. Gejala PMS biasanya akan hilang setelah menstruasi datang, namun membiarkan rasa sakit sampai 10-14hari sebelum menstruasi datang, tentu sangat mengganggu aktifitas Anda. Untuk itu, perlu cara untuk mengatasi gejala ini, coba beberapa tips berikut;

 

·         Mulailah olahraga. Tak perlu yang berat-berat, cukup olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, atau senam dirumah.  Biasakan untuk melakukannya rutin (3 kali seminggu selama 20-30 menit). Olahraga baik untuk melemaskan otot dan sendi serta mengurangi penimbunan cairan pada tubuh Anda.

·         Melakukan diet rendah lemak, ternyata dapat membantu, caranya ; kurangi garam dan gula tetapi pilih makanan yang tinggi protein dan serat untuk membantu mengurangi kelebihan estrogen, juga mengatasi pembengkakan payudara.

·         Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol dan nikotin.

·         Minum hingga 8 gelas cairan setiap hari

·         Perbanyak  konsumsi makanan yang kaya akan;

 

-          Serat  : buah, sayur, kacang-kacangan, padi-padian

-          Vitamin B6 : ikan segar, tuna, hati, kacang-kacangan, beras merah, alpukat, pisang

-          Zinc : hati, kerang, ikan salmon, ayam, udang

-          Kalsium : kedelai, tempe, tahu, teri

-          Magnesium: lalap mentah sayuran hijau, apel, makanan laut, kedelai

 

·         Untuk mengganti tidur malam yang terganggu, cobalah tidur siang paling tidak 30 menit.

·         Usahakan agar tubuh dapat rileks. Lalukan rileksasi seperti menarik nafas dalam-dalam, berendam dalam air hangat, mendengarkan lagu-lagu dengan irama lembut, yoga.

 

Pastikan tubuh dan fikiran Anda tenang dan nyaman, selama masa-masa PMS, untuk membantu

mengurangi gejala yang mengganggu.

 

 

Nikmati hari nyaman Anda

Tanpa gangguan PMS

 

Video

Video Yoga untuk Mengatasi Sakit Saat Haid

Video berikut menampilkan gerakan yoga yang dapat dilakukan saat mengalami sakit saat haid (PMS)

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pre menstruasi syndrome. Pre menstruasi syndrom. Tanda menjelang menstruasi. Pra menstruasi. Gangguan haid pre. Premenstruasi sindrom. Pre menstruasi sindrom.

Pra menstruasi sindrom. Gangguan pre haid. Gangguan pra haid. Pre menstruasi. Pra menstruasi syndrome. Gejala datang bulan. Perbedaan tanda tanda menstruasi dan kehamilan.

Tanda akan menstruasi. Premenstruasi. Sindrom pra menstruasi. Tanda pms. Tanda akan haid. Tanda mau haid.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.