Previous
Next

Kesehatan

Diare Pada Anak dan Bayi

 

 
 
 
 
Penyakit diare sangat lazim dijumpai pada bayi dan anak-anak. Penyakit diare terjadi bila bayi dan anak-anak buang air besar lebih encer dan lebih sering dari biasanya. Faces / tinja pada bayi dan anak yang sedang diare biasanya mengandung lendir dan darah. Terkadang, gejala diare diawali dengan muntah dan demam. Seperti halnya penyakit diare pada orang dewasa, diare pada byi dan anak-anak juga bisa menyebabkan kekurangan cairan. Membuat catatan diare adalah sebuah keharusan bagi orang tua yang bayi dan anaknya terkena penyakit diare. Catatan ini membantu dokter dalam memberikan saran tentang apa yang harus kita lakukan untuk memulai menu reguler bayi dan anak kita serta digunakan sebaga data untuk mengetahui apakah abayi dan anak kita terserang dehidrasi atau tidak.
 
PENYEBAB DIARE:
* Infeksi virus atau bakteri
 
- ROTAVIRUS
Ini adalah penyebab diare yang sangat umum  yang terutama terjadi pada peralihan musim/musim pancaroba. Infeksi ini ditandai dengan kotoran yang berbau sangat menusuk, encer, berwarna hijau atau coklat yang dapat bertahan selama berminggu - minggu. Demam dan muntah - muntah adalah gejala umum pada penyakit ini
 
- BAKTERI
Bakteri yang biasany menyebabkan diare adalah: E coli, salmonella, dan beberapa bakteri lainnya. Diare mungkin disertai dengan muntah - muntah dan demam. Diare yang berdarah adalah tanda pasti terinfeksi bakteri di dalam usus
 
* Parasit
Pada umumnya terjadi saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Tanda khas dari parasit adalah tinja yang sangat encer pada diare yang terjadi selama lebih dari 2 minggu.
 
* Minuman
Mengkonsumsi terlalu banyak jus, terutama jus buah yang mengandung sorbitol dan fruktosa tinggi atau terlalu banyak minum minuman manis dapat membuat perut bayi dan anak kaget sehingga bisa mengalami diare.
 
* Intoleransi makanan
Bayi dan anak mengalami intoleransi laktosa bila tidak cukup memproduksi laktase (suatu enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa0. Gejala diare yang disebabkan oleh intoleransi makanan ini diantaranya adalah perut kembung dan banyak gas bila laktosa tidak terurai. Gejala ini biasanya muncul sekitar 1 - 2 jam setelah mengkonsumsi makanan/minuman tersebut.
 
 
CARA MERAWAT BAYI & ANAK YANG TERKENA DIARE:
 
* Penggunaan rutin larutan elektrolit
Selalu sediakan larutan elektrolit di dalam kotak obat. Oralit buatan pabrikan boleh saja digunakan namun tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang karena kandungan gula dan garamnya yang sangat tinggi
 
* Pemberian makan lebih awal
Pemberian makanan yang lebih awal bertujuan untuk menyediakan nutrisi yang diperlukan dan bisa juga sebagai langkah untuk mempercepat penyembuhan. Diet BRATY (banana/pisang, rice/nasi/cereal, apel/saus apel, toast/roti. dan yoghurt) perlu dilakukan dalam beberapa diare yang tergolong berat.
 
* Hindari sari buah
Selama masa diare, sari buah bukanlah asupan cairan yang tepat. Selain karena terkadang kandungan sarbitol yang terdapat pada sari buah juga bisa mempersulit kerja usus dalam menyerap air dari lapisan usus ke tinja sehingga bisa memperparah diare
 
* Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi
Jangan pernah berhenti memberikan ASI kepada bayi dan aneka cairan (kecuali sari buah pabrikan) kepada anak selama masa diare. Ini sangat penting untuk menghindarkan anak dan bayi kita dari dehidrasi yang bila dibiarkan bisa menimbulkan kematian.

Video

Video iklan layanan masyarakat himbauan untuk mencegah diare

Dalam video ini akan diperlihatkan iklan layanan masyarakat himbauan untuk mencegah diare

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Bayi mencret. Gambar diare. Makalah diare pada anak. Makalah diare. Mencret pada bayi. Anak mencret. Makalah diare pada bayi.

Gambar penyakit diare. Makalah diare pada bayi dan balita. Bayi mencret warna hijau. Diare. Mencret pada anak. Makalah tentang diare pada anak. Balita mencret.

Diare pada anak. Bayi mencret hijau. Gambar orang diare. Bayi diare warna hijau. Macam macam diare pada anak. Contoh proposal diare.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.