Previous
Next

Tutorial / Panduan

Yuk, Bikin Playdough Sendiri yang Aman untuk Anak

Playdough adalah salah permainan yang digemari anak. Mainan ini adalah semcam tanah liat buatan berwarna-warni yang bisa dibentuk sesuai kreasi anak. Mainan ini termasuk mainan edukasi yang membentuk gerak motorik anak agar berkembang dengan baik, menciptakan daya imajinasi dan kreativitas.

Hanya saja bahan playdough yang sering kita temukan di pasaran sering tidak aman  bagi anak. Palaydough yang kurang berkualitas akan mudah lengket di tangan, mengeluarkan minyak, memakai pewarna konveksi yang berbahaya jika ditelah, memakai pewangi yang tidak aman jika dihirup. Sedangkan playdough yang berkualitas adalah impor dari luar negeri dan harganya tidaklah murah.

Tentunya, kita sebagai orang tua ingin mengadakan media permainan untuk anak yang aman, berkualitas namun masih terjangkau. Nah, untuk mensiasatinya Anda bisa membuat mainan playdough sendiri dengan bahan-bahan yang aman. Anda juga bisa mengajak si kecil saat proses membuatnya. Selamat Mencoba!

Bahan-bahan:

- 1/2 kg tepung terigu

- Garam halus (1 cangkir)

- Minyak sayur (bisa juga minyak zaitun atau baby oil) 2 sendok

- Air (1 cangkir)

- Pewarna makanan, bisa juga menambahkan essence (aroma makanan seperti rasa buah-buahan, pandan  dan sebagainya)

Cara Membuat Dough:

1. Campurkan bahan tepung terigu dan garam halus, aduk sampai rata

2. Masukkan minyak goreng, aduk sampai rata

3.  Masukkan beberapa tetes pewarna makanan dan essence ke dalam air, jika sudah tuangi adonan dengan air campuran tersebut sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi karet

4. Adonan jangan sampai lembek, usahakan sampai bentuknya memadat.

5. Jika sudah masukkan adonan ke dalam tempat plastic dan  tutup rapat agar tidak mengeras.

Adonan cepat mengeras jika ditempatkan di tempat terbuka jadi sebaiknya setelah memakai dough kembalikan ke dalam wadah yang tertutup rapat, bisa disimpan ke dalam kulkas yang bersuhu sejuk. Dengan mainan buatan sendiri ini Anda tidak perlu khawatir saat anak tidak sengaja menelan dough karena bahannya alami.

 

Video

Bagaimana Membuat Playdough?

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengertian playdough. Playdough adalah. Cara membuat play doh. Cara membuat play doh sendiri. Playdough buatan sendiri. Cara membuat playdough. Cara membuat playdough sendiri.

Arti playdough. Kreasi playdough. Play doh buatan sendiri. Kreasi play doh. Pengertian play dough. Cara membuat play dough. Cara buat playdough.

Membuat playdough sendiri. Cara buat playdough sendiri. Https://carapedia.com/yuk_playdough_sendiri_aman_anak_info4352.html. Cara membuat play dough sendiri. Cara buat play doh. Kreasi playdoh.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
18 Feb 2015 20:54
Elisa
Trim's infonya , saya senang dapat masukan tentang bahan membuat mainan anak yang praktis namun aman.