Previous
Next
  • Home
  • »
  • Anak
  • » Membeli Mainan Anak, Pertimbangkan Hal Ini

Anak

Membeli Mainan Anak, Pertimbangkan Hal Ini

 

Membelikan mainan untuk anak perlu banyak pertimbangan. Apakah mainan tersebut bermanfaat untuk perkembangan anak, berfungsi edukasi atau hanya untuk menyenangkan anak saja. Berikut beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda:

1. Aman. Permainan yang dipilih harus aman saat dimainkan anak. Lihat setiap bagian-bagian dari mainan tersebut seperti bahan pembuat, catnya mudah luntur atau tidak, sebab jika mudah luntur akan berbahaya untuk anak. Perhatikan pula jika mainan tersebut sistem bongkar pasang apakah ada bagian terkecil yang bisa tertelan oleh anak.

2. Multifungsi. Mainan yang dipilih harus berdaya guna serta bisa merangsang setiap aspek perkembangan anak. Tidak perlu canggih dan mahal asal mainan tersebut bisa meningkat daya kreativitas anak. Mainan harus bisa membuat anak berkesempatan memanipulasi mainan tersebut. Hal inilah yang menjadikan anak kreatif dan cerdas sesuai usianya.

3. Patuhi petunjuk atau instruksi. Setiap mainan pasti memiliki petunjuk atau instruksi baik cara menggunakan dan keamanannya. Mainan juga harus sesuai dengan usia anak. Misalnya untuk bayi malah memberikan mainan anak usia 3+. Apakah mainan tersebut menimbulkan risiko jika tidak sesuai petunjuk dan sebagainya.

4. Dampingi anak bermain. Ketika anak bermain Anda harus senantiasa mendampingi dan memberikan pengarahan. Tujuannya agar anak bisa menggunakan mainan tersebut tepat sasaran dan membantu mengembangkan kecerdasan anak. Mainan juga bisa mengeratkan hubungan Anda dengan anak.

 

sumber: parenting

 

Video

Seminar Mainan Edukatif untuk Anak

Baju terbaru di butik.store.id
(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.